Analisis Gaya Bahasa, Citraan, dan Nilai Pendidikan Karakter Kumpulan Crita Cekak Karya Mbah Met pada Majalah Djaka Lodang serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa di SMA

Nur Hidayah, Raheni Suhita, Favorita Kurwidaria

Abstract

Peneliti melakukan wawancara kepada guru mata pelajaran Bahasa Jawa di salah satu sekolah. Dari hasil wawancara tersebut diketahui bahwa pada kegiatan pembelajaran crita cekak guru hanya menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan buku teks. Berkaitan dengan hal itu, maka diperlukan materi ajar yang berasal dari majalah, seperti kumpulan crita cekak karya Mbah Met pada majalah Djaka Lodang yang berpotensi untuk dijadikan sebagai materi ajar Bahasa Jawa. Sehubungan dengan itu, peneliti mengkajinya dengan menggunakan pendekatan stilistika. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya bahasa, citraan, dan nilai pendidikan karakter, serta relevansinya sebagai materi ajar Bahasa Jawa di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persentase tertinggi penggunaan gaya bahasa kumpulan crita cekak karya Mbah Met yaitu gaya bahasa antitesis sebesar 22.92% dan persentase terendahnya yaitu gaya bahasa asindenton dan polisindenton sebesar 1.04%. Persentase tertinggi penggunaan citraan kumpulan crita cekak karya Mbah Met yaitu citraan gerak (kinestetik) sebesar 34.23% dan persentase terendahnya yaitu citraan penciuman sebesar 1.34%. Persentase tertinggi nilai pendidikan karakter dalam kumpulan crita cekak karya Mbah Met yaitu nilai kejujuran sebesar 26% dan persentase terendahnya yaitu nilai menghargai prestasi dan gemar membaca sebesar 1%. Terkait dengan relevansinya, kumpulan crita cekak karya Mbah Met pada majalah Djaka Lodang dapat dijadikan sebagai materi ajar Bahasa Jawa di SMA pada tingkat X semester gasal. 

Keywords

crita cekak, gaya bahasa, citraan, pendidikan karakter, materi ajar.

Full Text:

PDF

References

Abidin, Yusuf Z. (2013). Pengantar Retorika. Bandung: CV Pustaka Setia. Dewi, Ni Luh L. A., Putrayasa, Ida B. & Nurjaya I Gede. (2014). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Relevansinya terhadap Pengajaran Pendidikan Karakter Sekolah di Indonesia (Versi Elektronik). E-Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Undiksha), 2 (1), 1-10. Diperoleh pada 12 Mei 2019, dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/3438/2799. Hidayati, Nurul & Suwignyo, Heri. (2017). Citraan pada Novel Fantasi Nataga The Little Dragon Karya Ugi Agustono. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 1 (1), 60-71. Diperoleh pada 7 Januari 2019, dari http:/journal2.um.ac.id/index.php/basindo/article/view/698/433. Kasnadi & Sutejo. (2010). Apresiasi Prosa: Mencari Nilai, Memahami Fiksi. Ponorogo dan Yogyakarta: P2MP Spectrum dan Pustaka Felicha. Keraf, Gorys. (2007). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Lusita, Khusnul. (2018). Analisis Diksi, Bahasa Figuratif, dan Citraan serta Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Yang Disunting Gelombang Karya Indra Tranggono (Versi Elektronik). Matapena: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1 (2), 1-20. Diperoleh pada 3 April 2019, dari http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/matapena/ article/view/278. Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nurgiyantoro, Burhan. (2017). Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Selpiyani & Rohayati N. (2017). Stilistika dalam Novel Hujan Karya Tere Liye (Versi Elektronik). Jurnal Literasi, 1 (2). Diperoleh pada 3 April 2019, dari https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/780/695. Semi, M. Atar. (1993). Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya. Sudrajat, Ajat. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? (Versi Elektornik). Jurnal Pendidikan Karakter, 1 (1), 47-58. Diperoleh pada 10 Agustus 2018, dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1316. Sulistyowati, Endah. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama. Sutejo. (2010). Stilistika (Teori, Aplikasi & Alternatif Pembelajarannya). Yogyakarta: Pustaka Felicha. Wiyani, Novan A. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan: Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Yeibo, Ebi. (2012). Figurative Language and Stylistic Function in J. P. ClarkBekederemo’s Poetry. Journal of Language Teaching and Research, 3 (1), 180-187. Diperoleh pada 18 Agustus 2018,darihttp://www.academypublication.com/ issues/past/jltr/vol03/01/23.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.