Kesantunan Berbahasa dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Sandiwara Radio Duroko Sinandi Karya Wijoseno serta Relevansinya Terhadap Materi Ajar Menelaah Naskah Sandiwara Kelas IX SMP

Novi Nur Endah Wardani, Raheni Suhita, Astiana Ajeng Rahadini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud kesantunan berbahasa, nilai pendidikan karakter, dan relevansi naskah sandiwara radio Duroko Sinandi terhadap materi ajar menelaah naskah sandiwara kelas IX SMP. Desain penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan jenis analisis isi. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitiatif dengan pendekatan sosiopragmatik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis dokumen dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) temuan kesantunan berbahasa: (a) prinsip kebijaksanaan sebanyak tiga tuturan; (b) prinsip formalitas-tepa selira sebanyak enam tuturan; (c) prinsip penghargaan dan kerendahan hati-andhap asor sebanyak lima tuturan; dan (d) prinsip ketidaklangsungan sebanyak satu tuturan. (2) temuan jenis nilai pendidikan karakter: (a) nilai rasa ingin tahu sebanyak sembilan belas tuturan; (b) nilai tanggung jawab sebanyak empat tuturan; (c) nilai jujur sebanyak empat tuturan; (d) nilai kerja keras sebanyak dua tuturan; (e) nilai toleransi sebanyak satu tuturan; (f) nilai peduli sosial sebanyak lima tuturan; (g) nilai cinta damai sebanyak dua tuturan. (3) Hasil analisis kesantunan berbahasa dan nilai pendidikan karakter dalam naskah sandiwara radio Duroko Sinandi yang relevan untuk digunakan sebagai referensi materi ajar dalam pembelajaran menelaah naskah sandiwara kelas IX SMP.

Keywords

Kesantunan berbahasa; nilai pendidikan karakter; naskah sandiwara radio Duroko Sinandi; materi ajar menelaah naskah sandiwara.

Full Text:

PDF

References

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Alwi, Hasan. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia. Darmanto, Antonius, 1998. Teknik Penilisan Naskah Acara Siaran Radio. Yogyakarta : Universitas ATM jaya. Esten, Musral. 1992. Tradisi Modernitas dalam Sandiwara. Jakarta: Intermasa. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika. Harooni, M. 2017. Politeness and Indirect Request Speech Act: Gender-Oriented Listening Comprehension in Asian EFL Context. Ijalel, 6 (2), 214-220. http://journals.aiac.org.au/inex.php/IJALEL/article/view/2944/2529 di akses pada tanggal 22 November 2018. Harsini, Tri. 2012. Tindak Tutur dan Pelanggaran Prinsip Kerjasama dalam Sandiwara Radio Kisah Religi „Cinta yang Hilang‟ di Radio Retjo Buntung Yogyakarta (Suatu Pendekatan Pragmatik). Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Hasibuan, Namsyah Hot. 2005. Perangkat Tindak Tutur dan Siasat Kesantunan Berbahasa (Data Bahasa Mandailing). Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Universitas Sumatera Utara, Vol. 1 No. 2 Oktober 2005, http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/21254/log-okt20051%20%283%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y di akses pada 22 November 2018. Kesuma, Dharma. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Lestari, R. & Marwati. 2017. Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa di Lingkungan SMP Negeri 10 Kendari. Bastra, 1 (4), 1-22. http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA/article/view/2402/1750 di akses pada 24 November 2018 . Mardiyanto, Herry dan Darmanto. 2001. Tradisi Sastra Jawa Radio. Yogyakarta: Kalika. Mazgon, Jasna and Damian Stefanc. 2012. Importance of the various characteristics of educational materials: Different opinion, different perspectives. TOJET: Turkish Online Journal of Education Technology. July. Vol.11 Issue 3, https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ989210.pdf diakses pada 4 Desember 2018 Miles, M.B, Huberman,A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi,UI-Press. Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurjamily, Wa Ode. 2015. “Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Lingkungan Keluarga (Kajian Sosiopragmatik”. Jurnal Humanika, 3 (15): 1-18, http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/608/pdf di akses pada 22 November 2018. Oktaviantoro, dkk. 2018. “Character Education in Mimpi Sejuta Dolar Novel by Alberthiene Endah”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (1): 44-50, http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPBSI/article/view/449 di akses pada 14 April 2019. Pranowo. 2009. Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rahadini, Astiana Ajeng dan Suwarna. 2014. “Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa Di SMPN 1 Banyumas”. Jurnal Lingtera, 1 (2): 136-144, https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp/article/view/2591/2141 di akses pada 31 Maret 2019. Samani, Muchlas, Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung Remaja Rosdakarya. Setyawan, Bagus Wahyu. 2015. Naskah Drama Jenggit Cembeng Karya Trisno Santoso Sebagai Alternatif Bahan Ajar Telaah Naskah Sandiwara pada Siswa SMP (Analisis Struktural dan Nilai Pendidikan Karakter). Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra. Surakarta: Pusat Pelajar. Sudjiman, Panuti. 1990. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: UI-Press. Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press. Tobing, Roswita Lumban. 2007. “Tingkat Tutur Dalam Budaya „Jawa‟ dan „Batak‟: Analisis Sosio-Pragmatik”. Diksi, 14 (2): 102-110, https://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/viewFile/6592/5652 diakses pada 20 Mei 2019. Veronika, Prima, dkk. 2017. The Implementation Of Teaching-Learning Javanese Language (Fairy Tale Story) Based On Honest Character Education In Curriculum 2013. Proceeding of 2nd International Conference of Arts Language And Culture. Surakarta. Wahidah, Yeni Lailatul dan Hendriana Wijaya. 2017. “Analisis Kesantunan Berbahasa Menurut Leech pada Tuturan Berbahasa Arab Guru Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 (Kajian Pragmatik)”. Jurnal Al Bayan, 9 (1): 1-16, https://media.neliti.com/media/publications/94361-ID-none.pdf di akses pada 20 Mei 2019. Waluyo, Herman J. 2003. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia. Wijayanti, Kenfitria Diah. 2017. Kajian Sosiopragmatik Wacana Kartun. Surakarta: CV. Dwija Amarta. Winkel, W. S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta:Gramedia. Wulandari, Nova Ayu. 2013. Konflik Batin Tokoh dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel 2 Karya Donny Hirgantoro. Skripsi. Surakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP UNS. Yule, George. 1996. Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.