Analisis Struktur dan Makna dalam Antologi Geguritan Ngayawara Karya Na Dhien dan Kelayakannya sebagai Bahan Ajar Bahasa Jawa Di SMA

Zulfa Miftahul Jannah, Raheni Suhita, Favorita Kurwidaria

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) struktur antologi geguritan Ngayawara karya Na Dhien, (2) makna dalam antologi geguritan Ngayawara karya Na Dhien, (3) relevansi antologi geguritan Ngayawara karya Na Dhien sebagai bahan ajar Bahasa Jawa di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deksriptif dan analisis isi, pendekatan struktural dan semiotik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) struktur fisik yang ditemukan berupa diksi (kata konotasi, kata sapaan khas atau nama diri, kata serapan, dan kata vulgar), citraan (citraan penglihatan, citraan pendengaran, citraan penciuman, citraan gerak, dan citraan perasaan), kata konkret, bahasa figurative (majas simile, majas metafora, majas perumpamaan epos, majas personifikasi, majas metonimia, majas sinekdoki pars pro toto, dan idiom), versifikasi (purwakanthi guru swara/asonansi, purwakanthi guru sastra/aliterasi, purwakanthi guru basa/lumaksita), dan tipografi konvensional. Sedangakan struktur batin meliputi: tema, perasaan, nada dan suasana, amanat; (2) makna dalam antologi geguritan Ngayawara karya Na Dhien meliputi makna tentang hakikat kehidupan dan hakikat spiritual; (3) antologi geguritan Ngayawara karya Na Dhien sesuai dan layak digunakan untuk bahan ajar mata pelajaran Bahasa Jawa di tingkat SMA, sebab relevan dengan Kurikulum 2013, memenuhi syarat pada aspek bahasa dan isi geguritan untuk bahan ajar geguritan di SMA.

Keywords

geguritan; struktur; makna; bahan ajar

Full Text:

PDF

References

Endraswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service). Hutomo, S.S. (1975). Telaah Kesusastraan Jawa Modern. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kantun, S., & Budiawati, Y. S. R. (2015). Analisis Tingkat Kelayakan Bahan Ajar Ekonomi yang Digunakan oleh Guru di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9 (2), 129-146. Diperoleh pada 15 September 2020, dari http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/3384. Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Ikrar Mandiriabadi. Lantowa, J., Marahayu, N.M., & Khairussibyan, M. (2017). Semiotika: Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra. Yogyakarta: Deepublish. Pradopo, R.D. (2017). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Saputra, K.H. (2017). Puisi Jawa: Struktur dan Estetika Edisi Revisi. Jakarta: bukupop. Satoto, S. (2012). Stilistika. Yogyakarta: Ombak. Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Waluyo, H.J. (1987). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.