Analisis Motivasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Jawa Secara Daring Siswa Kelas VIII

Niki Sukma PertiwI, Edy Suryanto, Kenfitria Diah Wijayanti

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini yakni memberikan deskripsi beserta penjelasan mengenai motivasi terhadap hasil belajar Bahasa Jawa pada kegiatan belajar dengan cara daring dan juga solusinya. Penelitian deskriptif kualitatif ialah jenis penelitian yang dijalankan dalam penelitian ini. Informan dan dokumen menjadi sumber datanya. Kemudian purposive sampling merupakan teknik pengambilan subjek yang digunakan dalam penelitian ini. Wawancara, angket, dan dokumen merupakan cara-cara pengumpulan data. Teknik member check yakni teknik yang dipilih untuk uji validitas dalam penelitian ini. Tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan termasuk ke dalam model mengalir dan kemudian diterapkan untuk analisis data pada penelitian ini. Dari hasil analisis data ditarik simpulan yakni motivasi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali terhadap hasil belajar Bahasa Jawa secara daring berbeda-beda meliputi bermotivasi belajar tinggi 28 siswa (87,5%), sedang sebanyak 2 siswa (6,3%), dan rendah sebanyak 2 siswa (6,3%). Motivasi belajar tinggi dominan pengaruhnya terhadap hasil belajar karena dibuktikan keinginan untuk berhasil dalam belajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa, sesuatu yang menarik siswa dalam belajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa, dan penghargaan untuk siswa. Solusi yang dilakukan antara lain: (1) pemberian nilai tambahan dalam hasil belajar Bahasa Jawa siswa; (2) hadiah; (3) siswa mengetahui hasil belajar Bahasa Jawa; dan (4) memberikan pujian kepada siswa. Solusi yang sering digunakan oleh guru yaitu pemberian nilai tambahan karena pada proses kenaikan kelas setiap akhir tahun pelajaran, nilai yang diperoleh siswa harus mencapai batas minimal KKM 65.

Keywords

motivasi belajar; pembelajaran daring; hasil belajar; bahasa Jawa

Full Text:

PDF

References

Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video di SMKN 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4 (1), 38-49. Agnezi, L.A., Dini. A., Anggrain, R., & Maya, W.A. (2017). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIB SMPN 17 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8 (2), 14-19. Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12 (2), 117-134. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Astari, T. (2018). Analisis Motivasi dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDS Amalia Medan. Jurnal Ilmu Pendidikan Guru dan Sosial STKIP Citra Bangsa Aceh Utara, 1 (1), 1-9. Azwar, S. (2019). Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Baktiningtyas, R.S. (2011). Studi Kasus tentang Motivasi Belajar Rendah pada Siswa Kelas IX melalui Konseling Individual dengan Pendekatan Realitas di SMP Negeri 2 Rembang TP 2010/2011. Kumpulan Abstrak Hasil Penelitian UNNES Tahun 2011, 55-60. FIP UNNES. Jahara., Setiadi, A.E., & Kurniawan, A.D. (2019). Analisis Peran Guru dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 8(1), 18-31. Jannah, U. F. (2021). Motivasi Belajar IPA di Tingkat SMP Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kelas VIII SMP Negeri 1 Brebes). Skripsi. Universitas Pancasakti, Tegal Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G.G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora, dan Kebudayaan, 2 (2), 85-98. Purnama, I., Musa, N.M.I., & Mislinawati. (2018). Kendala Guru Memotivasi Siswa dalam Proses Pembelajaran di SDN 46 Banda Aceh. Pesona Dasar Jurnal Pendidikan Dasar dan Jumaniora Jurusan PGSD FKIP Universitas Syiah Kuala, 6 (1), 63-78. Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Samodro, S, Hidayat, R.N., & Prasetyo, A. (2020). Surat Edaran Nomor 300/1312/5.5/2020 Tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19). Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3 (1), 73-82. Suyuti, R.N.R. (2017). Pemberian Reward dan Punishment dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS 3 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Makassar). Jurnal Sosisalisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 4 (1), 82-86. Uno, H.B. (2018). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Wafiroh, U.L., Arifin, M., & Sholihah, H. (2019). Upaya Guru PAI Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 2, hlm 1429-1439. in Vocabulary Education. Diperoleh pada 11 Juli 2010, dari http://www. aft.org/sage.publications..

Refbacks

  • There are currently no refbacks.