Gaya Kepemimpinan Astha Brata pada Tokoh Utama Novel Rangsang Tuban Karya Padmasusastra

Ika Rizky Amalia, Djoko Sulaksono, Favorita Kurwidaria

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan astha brata pada tokoh utama dalam novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdapat dua jenis yaitu dokumen dan informan. Sumber data jenis dokumen terdiri dari novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra, jurnal, dan buku referensi. Adapun sumber data jenis informan adalah ahli sastra. Data yang dikaji berupa frasa, klausa, dan kalimat pada novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi teori. Uji validitas data yang digunakan adalah model analisis interaktif (interactive model of analysis) yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini adalah analisis gaya kepemimpinan pada delapan ajaran astha brata yaitu laku hambeging candra, laku hambeging dahana, laku hambeging kartika, laku hambeging kisma, laku hambeging samirana, laku hambeging samodra, laku hambeging surya, laku hambeging tirta.

Keywords

gaya kepemimpinan; astha brata; novel

Full Text:

PDF

References

As’ad, dkk. (2011). Studi Eksplorasi Konstrak Kepemimpinan Model Jawa: asta Brata. Jurnal Psikologi. 38(2), 231.

Endraswara, S. (2013). Falsafah Kepemimpinan Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Kurniawan, F, A. (2019). Falsafah Kepemimpinan Pendidikan (Hasta brata sebagai Basis Kepemimpinan Pendidikan). Ri’ayah. 4(2), 196.

Lestari, Arianingsih, Febrianty. (2017). Hubungan Aspek Sosiologi Pengarang dengan Unsur Intrinsik dalam Novel Nijuushi No Hitomi. Janaru Saja. 6 (2), 66.

Marsono (2010). Amanat Kepemimpinan Ideal Asthabrata dalam Serat Ramayasadipura. Jurnal Jumantara, 1 (2) 50.

Miles, M. B. & Huberman A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitain Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, L.D. (2013) Dinamika Kepribadian Tokoh Utama Novel Hubbu Karya Mashuri Berdasarkan Perspektif Jung. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1 (2), 207.

Ratna, N. K. Kutha. (2014). Teori Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Singer, A. (2011). A novel Approach: The Sociology of Literature, Cildren’s Book, and Social Inequality. International Journal of Qualitative Methods University of Alberta.10(4), 308. Sulaksono, Djoko. (2016). Seputar Budaya Jawa. Surakarta: CakraBooks.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.