Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Moral Naskah Sandiwara Jawa Kidung Pinggir Lurung Karya Udyn UPW serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Jawa di SMP

Ema Putri Utami, Raheni Suhita, Rahmat -

Abstract

Psikologi sastra merupakan sebuah pendekatan yang mengamati kejiwaan serta perilaku manusia. Dengan memusatkan pada kejiwaan serta perilaku manusia, maka akan diperoleh konflik batin yang sesuai dengan teori psikologi sastra. Dalam sebuah naskah sandiwara Jawa tentunya terdapat konflik batin antar tokoh yang dapat membangun jalan cerita dalam nakah. Naskah sandiwara Kidung Pinggir Lurung menceritakan permasalahan dalam keluarga yang menimbulkan sebuah konflik batin antar tokoh. Naskah sandiwara Kidung Pinggir Lurung merupakan naskah yang belum dianalisis menggunakan pendekatan psikologi sastra. Naskah sandiwara tersebebut mengandung aspek psikologi sastra teori psikologi Sigman Freud yaitu id, ego, dan superego. Selain itu, naskah sandiwara Kidung Pinggir Lurung juga mengandung nilai moral yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat dijadikan bahan ajar di Sekolah Menengah Pertama kelas IX. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis dokumen dan wawancara mendalam. Data dalam penelitian ini yaitu berupa kata-kata dan kalimat yang berkaitan dengan teori psikologi sastra seperti id, ego, dan superego.

Keywords

Psikologi Sastra; Nilai Moral; Relevansi Bahan Ajar Bahasa Jawa

Full Text:

PDF

References

A Bartens, K. 2007. Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Budianto, Melani, dkk. 2006. Membaca Sastra. Magelang: IndonesiaTera Endraswara. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: MedPres. 2011. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian. Yogyakarta: Bukupop Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Luar Jaringan (offline). (2008).Pusat Bahasa Kemeterian Pendidikan Nasional. Minderop. 2010. Psikologi Sastra, Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Salfia, N. 2015.Nilai Moral Dalam Novel 5 cm Karya Donny Dhirgantoro, Jurnal Humanika, 15 (3). Diakses http://ojs.uho.ac.id/index.php/HU MANIKA/article/download/595/p dfDiakses 18 Agustus 2020 pukul 20.01 WIB Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sutikna. 1988. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga. Sutopo. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press. Waluyo, J.W. 2002. Drama: Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya Zaini, Herman. 2013.Karateristik Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jurnal Idaroh, 1(1), 15-31. http://jurnal.radenfatah.ac.id/inde x.php/El idare/article/download/288/243.Diakses 16 Mei 2020 pukul 21.23 WIB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.