Analisis Kelayakan Buku Teks Mumpuni Basa Jawi Kurikulum 2013 Kelas X SMA/MA/SMALB/SMK/MAK

Betari Pelangi Adiniry, Atikah Anindyarini, Astiana Ajeng Rahadini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kelayakan isi, (2) kelayakan penyajian, dan (3) kelayakan bahasa buku teks Mumpuni Basa Jawi kurikulum 2013 kelas X SMA/MA/SMALB/SMK/MAK terbitan Tiga Serangkai. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi (content analysis) yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelayakan isi pada buku teks tersebut masih terdapat kekurangan pada kedalaman materi, pemilihan wacana, teks, gambar, dan ilustrasi, dan pelatihan, penugasan, dan penilaian, sehingga buku termasuk dalam kategori cukup layak dan memperoleh presentase sebesar 71% (2) kelayakan penyajian sudah baik disajikan pada buku tersebut, kekurangan pada buku yaitu tidak adanya peta konsep pada tiap wulangan dan penulisan daftar pustaka, sehingga buku termasuk dalam kategori layak dan memperoleh presentase sebesar 85% (3) kelayakan bahasa masih terdapat kekurangan pada poin kesesuaian buku teks dengan tingkat perkembangan intelektual peserta didik, serta keterbacaan pesan baik dari segi penulisan, aksara Jawa, dan ragam bahasa, sehingga buku teks termasuk ke dalam kategori cukup layak dan memperoleh presentase sebesar 72%. Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan untuk guru agar lebih selektif dalam pemilihan buku teks serta siswa agar lebih cermat dan kritis mempelajari materi dalam buku teks.

Keywords

buku teks, kelayakan isi; kelayakan penyajian; kelayakan bahasa

Full Text:

PDF

References

Adolfien Katuuk, Deitje. (2014). Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatan Implementasi Kurikulum 2013. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado. Alawiyah, F. (2013). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi, 4(1), 65-74. Ambarwati, N. E. (2017). Analisis Kelayakan Buku Teks Padha Bisa Basa Jawa Kurikulum 2013 Kelas VIII SMP/MTs Terbitan Yudhistira (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Anis, N. S. (2011). Kualitas Materi Buku Teks SMP Kelas IX Basaku Basamu Basa Jawa Terbitan Pusakamas (Kajian Aspek Materi). (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang (UNNES)). Asri, A. S. (2017). Telaah buku teks pegangan guru dan siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VII berbasis kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70-82. Basuki, W. N., Rakhmawati, A., & Hastuti, S. (2015). Analisis isi buku ajar bahasa indonesia wahana pengetahuan untuk smp/mts kelas VIII. BASASTRA, 3(2). Efendi, A. (2009). Beberapa catatan tentang buku teks pelajaran di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 320- 333. Grant, N. (1987). Making The Most of Your Textbook. (Vol. 11, No. 8). London: Longman. Kusuma, D. (2018). Analisis keterbacaan buku teks fisika SMK kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1(1), 14-21. Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. RajaGrafindo Persada. Ningrum, M. P. (2015). Pengembangan Buku Kerja Si Macan Jawa sebagai Penunjang Pembelajaran Aksara Jawa bagi Siswa Kelas III SD di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG). Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2016). Analisis kelayakan bahasa dalam buku teks tema 1 kelas I sekolah dasar kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 102-111. Puspita, A. M. I., Djatmika, E. T., & Hasanah, M. (2016). Peningkatan hasil belajar siswa berbantuan buku teks berbasis kontekstual untuk siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1880-1883. Raharjo, Y. M., Suwandi, S., & Saddhono, K. (2017). Kelayakan Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas VII Wahana Pengetahuan. Surakarta. Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 5(2), 234-246. Rediati, A. (2015). Pengembangan buku pengayaan cara menulis teks penjelasan bermuatan nilai budaya lokal untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar. SELOKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1). Siagian, Beslina Afriani. (2016). Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP UHN. 3 (1) 77-87. Solchan, dkk. (2014). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Su’udiah, F., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1744-1748. Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.