Feminisme dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti Naskah “Retna Pambayun” Karya Priyo Nugroho

Nofika Indah Lestari, Djoko Sulaksono, Rahmat -

Abstract

Dalam upaya mengangkat gerakan feminisme dan menanggulangi merosotnya budi pekerti, maka dalam karya sastra mengajarkan nilai pendidikan budi pekerti. Salah satunya dengan pembelajaran karya sastra yaitu naskah drama. Dengan mengajarkan pendidikan budi pekerti melalui karya sastra, maka dapat menunjang terwujudnya pendidikan budi pekerti yang baik sesuai dengan norma, kaidah, dan aturan yang berlaku di masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui feminisme dan nilai pendidikan budi pekerti pada naskah “Retna Pambayun” karya Priyo Nugroho. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat struktur pembangun naskah, analisis feminisme naskah, dan nilai pendidikan budi pekerti dalam naskah “Retna Pambayun”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat empat kritik feminisme yang ada dalam naskah “Retna Pambayun” yaitu sosok Pambayun sebagai putri raja, sosok Pambayun sebagai prajurit negara, sosok Pambayun sebagai wanita, dan sosok Pambayun sebagai korban. Implikasi dalam penelitian ini yaitu struktur yang membangun naskah, dan kritik sastra feminisme untuk menganalisis feminis tokoh utama. Selain itu terdapat nilai pendidikan budi pekerti salah satunya nilai-nilai kesusilaan.

Keywords

struktur pembangun; feminis, nilai pendidikan budi pekerti

Full Text:

PDF

References

Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruksi dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Astuti R.W, Waluyo, H.J, Rohmadi, M. (2019). Character Education Values in Animation Movie of Nussa and Rarra. Vol. 2, No. 4. Humanities and Social Science. Devilito, R, Wardani, E.N, Saddhono, K. (2016). Psychological Analysis of Novel “Kerumunan Terakhir” by Okky Madasari, The Values of Character Education, and Teaching Materials of Indonesian College in University. Vol. 2, No.1. International Conference On Teacher Training and Education Sebelas Maret University. Djajanegara. (2000). Kritik Sastra Feminis: Sebuah Pengantar. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Emzir dan Rohman, S. (2016). Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Endraswara, S. (2011). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Caps. Endraswara, S. (2013). Teori Kritik Sastra. Yogyakarta: PT. Buku Seru. Handayani, C, Sadda Clarry, and Rosnija, E. (2020). Moral Values Analysis in the Drama Script of Helen Keller. Vol.0, No. 11. Equatorial Education and Learning Journal. Herfanda, A.Y. (2008). Sastra sebagai Agen Perubahan Budaya” dalam Bahasa dan Budaya dalam Berbagai Perspektif, Anwar Effendi, ed). Yogyakarta: FBS UNY dan Tiara. Lay, K, Daley, J,G. (2007). A Critique of Feminist Theory. Vol. 8, No. 1. Indiana University School of Social Work. Pittaro, C. (2016). Character Education: Themes and Researches. And Academic Literature Review. Vol. 8, No.1. Italian Journal of Sociology of Education. Ratna, N.K. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra (Dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme, Perspektif Wacana Naratif). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ratna, N.K. (2005). Sastra dan Cultural Studies, Representasi Fiksidan Fakta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ratna, N.K. (2011). ANTROPOLOGI SASTRA: Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugihastuti. (2002). Kritik Sastra Feminis (Teori dan Aplikasinya). Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Sugihastuti dan Suharto. (2016). Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Suryaman, Maman. (2010). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Edisi Dies Natalis UNY. Syukron, A, Subyantoro, dan Yuniawan T. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama dengan Metode Picture and Picture. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Semarang. Waluyo, H.J. (2011). Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret University Press. Zuriah, N. (2015). Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.