Analisis Kesantunan Berbahasa pada Naskah Ketoprak Kembang Katresnan Karya Bondan Nusantara serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Jawa Tingkat SMA
Abstract
This research of pragmatic study is the politeness inside ketoprak script. In this pragmatic study the researcher aims to identify language politeness in ketoprak script Kembang Katresnan by Bondan Nusantara and the relevancy as javanes material teaching in senior high school. This research is deskriptif kualitatif research. The data obtained with data document analyse and interview. Validity of data using source triangulation and theory triangulation. The result from this research is find speech in ketoprak script Kembang Katrensna by Bondan Nusantara according to musly in language politeness with Chaer (2010: 11). Script can changed according to the level of leangunge of variety Javanes to class XII Senior High School level according to KD 3.1 is to identify, understand, and analyse of oral language using in all situasion according to the manners.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Referensi Alika, S D. 2017. Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. JALABAHASA. 13(1). 46
Arieska, P K, Herdiani, N. 2018. Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Statistik.6(2).169
Ariyanti, L D. Zulaeha, I. 2017. Tindak Tutur Ekspresif Humanis Dalam Interaksi Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Batang: Analisis Wacana Kelas. Seloka. 6(2).119
Asista, A. 2019. Kajian Pragmatik Terhadap Kesantunan Berbahasa Berbasis Kearifan Lokal dalam Harian Umum Palembang Pos sebagai Upaya Penyusunan Bahan Ajar Menganalisis Isi Struktur Teks Negosiasi Bahasa Indonesia Kelas X di SMK. Wistara. 2(2).145-147
Bachri, B S. 2010. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal TeknologiPendidikan. 10 (1). 55-56.
Budiwati, T R. 2017. Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi dengan Dosen di Universitas Ahmad Dahlan: Analisis Pragmatik. THE 5TH URECOL PROCEEDING. UAD.Yogyakarta. 561
Cahyadi, R A H. 2019. Pengambangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Education Journal. 3(1). 38. Diakses tanggal 26 Juli 2021.
Cahyaningrum, F, Andyani, Setiawan, B. Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Berdiskusi. Madah. 9(1). 51
Chaer, A. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: RINEKA CIPTA.
Claudia, V S. Rakhmawati, A. Waluyo, B. 2018. Prinsip Kesantunan Berdasarkan Maksim Leech Dalam Kumpulan Naskah Drama Geng Toilet Karya Sosiawan Leak Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Teks Drama Di Sekolah Menengah Atas. BASASTRA. 6(2). 187
Febriasari, D. Wijayanti, W. 2018. Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Kredo.2(1). 140
Faizal, M. Muqowim. 2021. Pengintegrasian Nilai-Nilai ke-Isalaman dengan Pembelajaran Bahasa Jawa. Asatiza: Jurnal Pendidikan. 2(2). 78
Halwa, N. Gani, E. R, Syahrul. 2019. Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Tindak Tutur Melarang dan Mengkritik pada Tujuh Etnis. Lingua. 15(2).196
Istiqomah, S. Sabardila, A. Kesantunan Berbahasa Dalam Naskah Drama Retno Manggali Karya Hani Ndawan Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA. BASASTRA.9(1). 118
Jihad, A, Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Khaerudin, D. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Drama Berdasarkan Pengalaman Pengarang Sebagai Bahan Ajar Drama Di SMP/MTS. Jurnal Tuturan. 8(2). 89
Muslikhah, St. 2014. Kesantunan Berbahasa. Ar-Raniry. 1(2). 287
Nugraheni, M W. 2015. Pelanggaran Prinsip Kerjasama Dan Kesantunan Berbahasa Siswa Terhadap Guru Melalui Tindak Tutur Verbal di SMP Ma’arif Tlogomulyo-Temanggung (Kajian Sosisopragmatik). Transformatika. 11(2).116
Nugroho, A. 2018. Nilai Sosial dan Moralitas dalam Naskah Drama Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra. Silampari Bisa. 1(2). 217
Ramaniyar, E. Wulansari, F. Wiranty, W. 2019. Maksim Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Diskusi Kelas. Jurnal Metamorfosa. 7(2). 256
Rijali, A. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadhrah.17(33). 85-94
Sumarta, I W A. Rusminto, N E. Widodo, M. Tarmini, W. 2015. Kesantunan Berbahasa dalam Naksah Drama dan Implikasinya. J-Simbol.2(1).1-11
Tania, N R. 2019. Prinsip Kesantunan Berbahasa Karyawan dan Tamu di Homeschooling Primagama Palembang (KajianPragmatik). PEMBAHSI. 9(2). 10
Winarni, R, dkk. 2016. Teknik MenulisNaskah Drama. Surakarta: UNS PressRefbacks
- There are currently no refbacks.