Pengaruh guna lahan terhadap tingkat pelayanan jalan pada koridor Jalan Affandi Yogyakarta

Fadhilah Laila Wibowo, Galing Yudana, Chrisna T Permana

Abstract

Sebagai koridor utama yang menghubungkan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman yang sekaligus menjadi kawasan komersial pada timur aglomerasi Kota Yogyakarta, Jalan Affandi berkembang sebagai dampak dari adanya kawasan pendidikan di sekitarnya. Koridor ini memiliki arus lalu lintas tinggi dengan lebar jalan terbatas dan dua jalur terpisah. Penelitian ini menganalisis pengaruh pemanfaatan lahan terhadap kinerja jalan pada koridor Jalan Affandi Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan observasi, traffic counting, dan digitasi citra satelit pada wilayah penelitian. Analisis dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda untuk melihat pengaruh luas, intensitas, dan pola sebaran penggunaan lahan terhadap kinerja jalan. Hasilnya menyatakan bahwa pemanfaatan lahan memiliki pengaruh kuat dan signifikan terhadap kinerja jalan dengan nilai R square sebesar 0,627.

Keywords

Kawasan Komersial; Pemanfaataan Lahan; Tingkat Pelayanan Jalan

Full Text:

PDF

References

[1]Hani Dania P A, Dyah Titisari Widyastuti. Identifikasi Legibilitas pada Koridor Jalan Affandi, Sleman. Pawon J Arsit 2021;5:151–68. https://doi.org/10.36040/pawon.v5i2.3643.

[2]Subagyo S, Suryanto S, Nefo Handriansyah M. Analisa Kinerja Lalu Lintas Jalan Kaliurang (Studi Kasus: Jalan Kaliurang Km 5,8 - 9,3, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. CivETech 2024;6:35–46. https://doi.org/10.47200/civetech.v6i2.2502.

[3]Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta. Peraturan Walikota (Perwali) Kota Yogyakarta Nomor 118 Tahun 2021 tentang Rencana Detail Tata Ruang Kota Yogyakarta Tahun 2021 - 2041. 2021.

[4]Prasetyo Y, Hariyono P. Dampak Spasial Kehadiran Kampus Universitas Diponegoro di Kawasan Tembalang Semarang (The Spatial Impact of the College Attendance at Diponegoro University Area of Tembalang Semarang). Tesa Arsit 2014;12:58–69.

[5]dos Santos AM, Lima JV, Furtado L, Gonçalves L, da Silva CFA. Traffic Education with a Focus on Experiences in Basic Education: A Global Literature Review. Lat Am Transp Stud 2025;3:100035. https://doi.org/10.1016/j.latran.2025.100035.

[6]Opoku OA, Yeboah O, Gyamfi E, Afful G. Rising Car Ownership and Traffic Congestion in the University of Cape Coast Campus. Int J Res Sci Eng 2022:10–21. https://doi.org/10.55529/ijrise.24.10.21.

[7]Emam Hammad A. Application of Planning Standards for Land Uses of Schools and Educational Facilities to Reduce Educational Mobility as means to Reduce Traffic Congestion in Cairo. MSA Eng J 2023;2:39–67. https://doi.org/10.21608/msaeng.2023.309309.

[8]Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta. Transportasi Dalam Angka 2020 2020.

[9]Liasari R. Dishub Kota Yogyakarta: Jalan Affandi Gejayan Ruas Jalan Paling Padat di Yogyakarta. PilarID 2023.

[10]Fikri M, Elpatino T, Badaron SF, Haris M, Zaifuddin Z. Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Aktivitas Pasar Tradisional Perkotaan (Kasus: Pasar Pannampu Kota Makassar). J Ilm Mhs Tek Sipil 2023;5.

[11]Gare M, Seru ES, Radja VM, Kota I. Pengaruh Aktivitas Pasar Tradisional terhadap Arus Lalu Lintas. J Pendidik Tambusai 2022;6:14689–95.

[12]Batubara H. Pengaruh Pasar Tradisional Tiga Panah Terhadap Kinerja Ruas Jalan Tigapanah - Merek. Bul Utama Tek 2021;16:126–32.

[13]Abadiyah S, Safitri RA, Shofi’i M. Analisa Pengaruh Aktivitas Pasar terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Raya Serang - Pasar Cikupa). Structure 2023;4:9. https://doi.org/10.31000/civil.v4i1.8041.

[14]Saadun RH, Rahayu MJ, Rini EF. Pengaruh Guna Lahan Pada Performa Jalan Kapten Mulyadi Surakarta. Desa-Kota 2022;4:78. https://doi.org/10.20961/desa-kota.v4i1.53594.78-86.

[15]Fadhilah I. Pengaruh Penggunaan Lahan Di Koridor Jalan Pahlawan Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Pahlawan Di Kecamatan Sidoarjo. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2016.

[16]Warpani S. Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung: Penerbit ITB; 1990.

[17]Pemerintah Pusat. Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung 2021.

[18]Bintarto R, Hadisumarno S. Metode Analisis Geografi. Jakarta: LP3ES; 1978.

[19]Pemerintah Kabupaten Sleman. Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 3 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Sleman Tahun 2021-2026 2021.

[20]Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2019.

[21]Fonataba MG. Pengaruh Perkembangan Guna Lahan terhadap Kinerja Jalan di Sepanjang Koridor Jalan Antara Pelabuhan Laut dan Bandar Udara Dominie Edward Ossok Kota Sorong. Universitas Diponegoro, 2010.

[22]Asfiati S, Zurkiyah Z. Pola Penggunaan Lahan Terhadap Sistem Pergerakan Lalu Lintas Di Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan. Semantek UISU 2021.

[23]Tamin OZ. Perencanaan & Pemodelan Transportasi. 2nd ed. Bandung: Penerbit ITB; 2000.

[24]Kementrian Perhubungan. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas 2015.

[25]Kementrian PUPR. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023 2023.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.