Prediksi dan rekomendasi penanganan kinerja lalu lintas kawasan Exit Tol Ngawen pada tahun 2025 dan 2028

Rizal Aprianto, Octa Adithya Ilyas Yunanta, Suprapto Hadi, Frans Tohom

Abstract

Pembangunan Exit Tol Yogyakarta-Solo di Ngawen yang beroperasi pada tahun 2025 akan berdampak terhadap volume lalu lintas dan mengubah kinerja lalu lintas jalan di sekitarnya. Analisis dampak lalu lintas dilakukan untuk memprediksi besaran volume lalu lintas yang terjadi, membandingkan kinerja ruas jalan dan simpang terdampak, serta memberikan rekomendasi peningkatan prasarana lalu lintas. Penelitian ini menggunakan PKJI 2023 untuk menganalisis kinerja ruas jalan dan simpang, yang dipadankan dengan metode trend linier dengan penyeimbangan matriks metode detroit.  Analisis dilakukan dengan membandingkan kinerja jalan pada tahun 2024, pada tahun 2025 (saat pintu tol mulai beroperasi), dam 2028 (3 tahun beroperasi). Kinerja lalu lintas pada saat exit tol ini beroperasi diprediksi kinerja lalu lintas untuk Jalan Jatinom v/c rasio 0,68 nilai LOS E, Jalan Ki Ageng Gribig v/c rasio 0,73 nilai LOS E, kinerja simpang tak bersinyal dengan tundaan rata-rata 10,12 det/smp dengan nilai LOS B. Pada prediksi tahun 2028, Jalan Jatinom memiliki nilai v/c rasio 0,74 nilai LOS E, Jalan Ki Ageng Gribig memiliki nilai v/c rasio 0,86 dengan nilai LOS E, kinerja simpang tak bersinyal dengan tundaan rata-rata 10,75  det/smp dengan nilai LOS C. Berdasarkan prediksi tersebut, rekomendasi terbaik adalah perubahan tipe dan pelebaran ruas jalan, nilai derajat kejenuhan yang lebih baik 225% dari eksisting. Skenario terbaik pada simpang dengan pelebaran pendekat simpang dengan nilai tundaan berkurang 102% persen dengan tingkat pelayanan simpang B.

Keywords

Dampak Exit Tol; Metode Detroit; Prediksi

Full Text:

PDF

References

[1]Desga W, Putri FM, Yulanda N. Pemodelan Bangkitan Perjalanan Di Nagari Siguntur, Nagari Barung-Barung Belantai Dan Nagari Nanggalo Kecamatan Koto Xi Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Transportasi Multimoda 2016;14:77–82.

[2]Warsilan W, Noor A. Peranan Infrastruktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Implikasi pada Kebijakan Pembangunan di Kota Samarinda. MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan 2015;31:359–66.

[3]Fakhurozi A, Ningrum AD, Amanda R. Kajian Studi Dampak Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terhadap Infrastuktur dan Lingkungan. Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa 2020;4:14–29.

[4]Susanto A, Marsoyo A. Pengaruh Lokasi Exit Toll Jalan Tol Lingkar Luar Bogor Terhadap Perubahan Guna Lahan Di Sekitar Jalan Soleh Iskandar Kota Bogor. JURNAL GEOGRAFI Geografi Dan Pengajarannya 2019;17:1. https://doi.org/10.26740/jggp.v17n2.p1-14.

[5]Priatmojo G. Pengerjaan Proyek Tol Jogja-Solo Sudah Dimulai, Akan Beroperasi Penuh Pada Akhir 2025. SuarajogjaId 2022.

[6]Munawar A. Analisis Dampak Lalulintas Pembangunan Pusat Perbelanjaan: Studi Kasus Plaza Ambarukmo. Jurnal Sains &Teknologi Lingkungan 2009;1:27–37. https://doi.org/10.20885/jstl.vol1.iss1.art2.

[7]Yusuf M, Budiharjo A, Maulyda MA. Dampak Pembangunan Minapolitan Terhadap Kinerja Lalu Lintas. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik 2021;20:73–82. https://doi.org/10.26874/jt.vol20no1.373.

[8]Kurniawan DA, Najid N. Penentuan Kapasitas Jalan Enam Lajur Dua Arah Terbagi dan Tak Terbagi dengan Metode MKJI, Konsep PKJI, dan Survei. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil 2019;2:1. https://doi.org/10.24912/jmts.v2i4.6170.

[9]Mubarak H, Ningrum P, Toyeb M, Tuti RGW. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Kabupaten Kampar. Musamus Journal of Civil Engineering 2021;4:16–21.

[10]Direktorat Jenderal Bina Marga. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat 2023.

[11]Setiawan R. Kalibrasi Model Sebaran Pergerakan (Gravity Model) Menggunakan Add-In Microsoft Excel (Solver). Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS) 2007;1.

[12]Pratama AS, Hermawanto T, Astuti RI. Evaluasi Kinerja Simpang Empat Bersinyal Pada Persimpangan Jalan Tanjung - Jalan Aryo Blitar - Jalan Bengawan Solo. Journal of Science Nusantara 2022;2:156–67. https://doi.org/10.28926/jsnu.v2i4.609.

[13]Hamidah NN, Panday R. Jumlah Pengendara Sepeda Motor Dengan Menggunakan Metode Forecasting Regresi Linear Sederhana 2021.

[14]Tamin OZ. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Penerbit Itb; 2000.

[15]Pemerintah Republik Indonesia. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas 2015.

[16]BPS Provinsi Jawa Tengah. Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Kendaraan di Provinsi Jawa Tengah (Unit), 2017-2021 2022.

[17]Kurniati T, Latif A, Putri EE. Evaluasi dan Perencanaan Lampu Lalu Lintas Pada Simpang Jalan Syekh Umar Khalil-Bypass Kota Padang. Jurnal Rekayasa Sipil (JRS-Unand) 2020;16:49. https://doi.org/10.25077/jrs.16.1.49-64.2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.