Analisis kinerja jalan pada Kawasan Pasar Lama di Jalan Kisamaun, Kota Tangerang

Manisa Edelin Jingga, Nur Miladan, Bambang S. Pujantiyo

Abstract

Jalan Kisamaun adalah pintu masuk menuju Kawasan Pasar Lama, Kota Tangerang yang merupakan kawasan komersial. Hal ini menjadikan Jalan Kisamaun memiliki volume lalu lintas yang tinggi dan menyebabkan penurunan tingkat pelayanan jalan sehingga munculnya kemacetan lalu lintas. Perhitungan kinerja jalan dalam menampung arus lalu lintas kendaraan menjadi hal yang penting untuk diidentifikasi dan menjadi dasar intervensi lanjutan. Metode analisis kinerja jalan menggunakan analisis kuantitatif dengan indikator yaitu arus kendaraan (Q), kapasitas jalan (C), derajat kejenuhan (Dj), dan tingkat pelayanan jalan (Level of Service). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan pada jam-jam puncak. Kawasan penelitian memiliki nilai arus lalu lintas mencapai 1243,6 smp/jam. Sementara, nilai kapasitas jalan mencapai 2414 skr/jam dan nilai derajat kejenuhan mencapai 0,88. Temuan ini menunjukkan kinerjra jalan pada kelas E dengan kecepatan kendaraan kadang terhenti sehingga menyebabkan antrian panjang. Kemampuan kinerja jalan pada Jalan Kisamaun tidak sesuai dengan kebutuhan kinerja untuk pengembangan kawasan komersial. Turunnya kemampuan kinerja jalan menyebabkan adanya penumpukkan kendaraan pada jam puncak sehingga terjadinya kemacetan lalu lintas pada Kawasan Pasar Lama, Jalan Kisamaun, Kota Tangerang.

Keywords

Jalan Kisamaun; Kapasitas Jalan; Kinerja Jalan; Tingkat Pelayanan Jalan; Volume Kendaraan

Full Text:

PDF

References

[1] Lynch K. The Image of the City. England: The M.I.T Press; 1992.

[2] Kementerian Pekerjaan Umum. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014.

[3] Gea M. Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Parkir Pada Badan Jalan (Studi Kasus: Pasar dan Pertokoan di Jalan Besar Delitua). Jurnal Teknik Sipil USU 2012;1.

[4] Pemerintah Daerah Kota Tangerang. Peraturan Daerah Kota Tangerang Nomor 6 Tahun 2019 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Tangerang 2012-2032 2019.

[5] Dinas Perhubungan Kota Tangerang. Rencana Strategis Dinas Perhubungan Kota Tangerang 2019-2023 2019.

[6] Burhani MA, Yudana G, Rahayu P. Potensi Gangguan Area on Street Parking Pada Kawasan Komersial Terhadap Kinerja Jalan (Lokasi Jalan Pemuda Kota Magelang). Desa-Kota 2019;1:177. https://doi.org/10.20961/desa-kota.v1i2.12068.177-189.

[7] Basri A. Analisis Dampak Parkir terhadap Kinerja Lalu Lintas di Ruas Jalan Sekitar Mall Panakkukang Kota Makassar. Undergraduate. Universitas Islam Negeri Makassar, 2017.

[8] Hayati R. Pengertian Penelitian Deduktif, Ciri, Metode, dan Contohnya 2021. https://penelitianilmiah.com/penelitian-deduktif/ (accessed July 5, 2021).

[9] Nuzuluddin TR. Pengaruh Parkir dan Activity Support Terhadap Sirkulasi di Jl. MT. Haryono Penggal Jl. Sompok - Jl. Lampersari (Kawasan Peterongan Semarang). Tesis. Universitas Diponegoro, 2007.

[10] Direktorat Jendral Perhubungan Darat. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir 1998.

[11] Sukirman. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung: Nova; 1994.

[12] Lalenoh RH, Sendow TK, Jensen F. Analisa Kapasitas Ruas Jalan Sam Ratulangi dengan Metode MKJI 1997 dan PKJI 2014. Jurnal Sipil Statik 2015;3.

[13] Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 96 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas 2015.

[14] Marunsenge GS, Timboeleng JA, Elisabeth L. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Pada Ruas Jalan Panjaitan (Kelenteng Ban Hing Kiong) dengan Menggunakan Metode MKJI 1997. Jurnal Sipil Statik 2015;3:571–82.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.