Kesiapan masyarakat dan pemerintah desa dalam pembangunan pelabuhan di Desa Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang

Riffa Laudhia Safira, R.Raisya Insani Prasiwi, Aan Julia, Novandri Rahadian Putra

Abstract

Pembangunan Pelabuhan Patimban yang tidak didukung oleh kesiapan masyarakat menimbulkan respon negatif, walaupun pembangunan tersebut ditujukan untuk mengembangkan Desa Patimban. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kesiapan masyarakat dan pemerintah desa dalam pembangunan Pelabuhan Patimban dengan menggunakan Community Readiness Model (CRM) yang terdiri dari lima dimensi, yaitu pengetahuan masyarakat, pengetahuan masyarakat terkait isu, sumber daya terkait isu, kepemimpinan, dan iklim masyarakat. Tingkat kesiapan masyarakat dilihat melalui perspektif tujuh informan kunci yang mewakili masyarakat dan pemerintah desa. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata tingkat kesiapan masyarakat berada pada tahap inisiasi dengan dimensi terendah pada sumber daya terkait isu. Sementara itu, pada sisi pemerintah desa, tingkat kesiapan berada pada tahap confirmation/expansion dengan dimensi terendah pada pengetahuan masyarakat terkait isu dan iklim masyarakat. Strategi  yang diajukan untuk meningkatkan tingkat kesiapan adalah dengan mendengarkan aspirasi masyarakat dan melakukan pendampingan untuk mencegah marginalisasi masyarakat dengan mendorong peningkatan kualitas SDM.

Keywords

Port construction; Readiness stage; Village Patimban

Full Text:

PDF

References

[1] Praditya II. Infrastruktur Jadi Penggerak Baru Ekonomi Jawa Barat. Liputan 6 2018. https://www.liputan6.com/bisnis/read/3593061/infrastruktur-jadi-penggerak-baru-ekonomi-jawa-barat (accessed July 23, 2022).

[2] BAPPEDA Provinsi Jawa Barat. FGD, Kepala Bappeda Kenalkan Rebana. BAPPEDA Provinsi Jawa Barat 2020. http://bappeda.jabarprov.go.id/fgd-fraksi-pdip-kepala-bappeda-kenalkan-rebana/ (accessed July 23, 2022).

[3] Pamungkas WW. Jelajah Segitiga Rebana III: Ada Ruang, Ada Peluang. BisnisCom 2020. https://bandung.bisnis.com/read/20201103/550/1312779/jelajah-segitiga-rebana-iii-ada-ruang-ada-peluang (accessed July 23, 2022).

[4] Syaihu A. Pengaruh Investasi Pemerintah Dan Investasi Swasta Terhadap Kesempatan Kerja Dan Pengangguran Di Provinsi Kalimantan Timur. J Ekon Pembang 2012;10. https://doi.org/10.22219/jep.v10i1.3713.

[5] Iryana AB. Analisis Dampak Pembangunan Pelabuhan Patimban di Kecamatan Pusakanegara Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat. Caraka Prabu J Ilmu Pemerintah 2018;2:21–40. https://doi.org/10.36859/jcp.v2i1.398.

[6] Tim Persiapan Badan Pengelola Kawasan REBANA. Focus Group Discussion #3 An Introductory to the Concept and Outlook of REBANA Industrial Development 2021.

[7] Antonius. Ini Keuntungan dari Keberadaan Pelabuhan Patimban. Truckmagz 2020. https://truckmagz.com/ini-keuntungan-dari-keberadaan-pelabuhan-patimban/ (accessed July 23, 2022).

[8] Mayasari S. Mulai Januari 2021, Pembangunan Pelabuhan Patimban Fase I Tahap II Dikebut. Newssetup 2020. https://newssetup.kontan.co.id/news/mulai-januari-2021-pembangunan-pelabuhan-patimban-fase-i-tahap-ii-dikebut?page=all (accessed July 23, 2022).

[9] Kurniati E, Meidiana C, Wicaksono A. Kajian Kesiapan Masyarakat Terkait Rencana Kegiatan Industri Pertambangan Marmer (Studi Kasus Di Kelurahan Oi Fo’o, Kota Bima-NTB). Indones Green Technol J 2015;4:18–27.

[10] Amalia M, Malihah E. Konflik Pembebasan Lahan Pembangunan Bendungan Jatigede Di Desa Wado. Sosietas 2016;6. https://doi.org/10.17509/sosietas.v6i2.4248.

[11] Gultom RZ, Tini AQ. Pembangunan Infrastruktur dalam Islam: Tinjauan Ekonomi dan Sosial. J Ilm Ekon Islam 2020;6:203. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.912.

[12] Londa VY. Kinerja Pemerintah Desa Dalam Penyelenggaraan Pembangunan Non Fisik Di Desa Tolotoyon Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. J Adm Publik 2020;6:1–8.

[13] Ompusunggu VM. Dampak Pembangunan Infrastruktur Jalan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Di Desa Semangat Gunung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. J Chem Inf Model 2019;53:1689–99.

[14] Iek M. Analisis Dampak Pembangunan Jalan Terhadap Pertumbuhan Usaha Ekonomi Rakyat di Pedalaman May Brat Provinsi Papua Barat (Studi Kasus di Distrik Ayamaru, Aitinyo dan Aifat). J Ekon Kuantitatif Terap 2013;6:30–40.

[15] Prapti L, Suryawardana E, Triyani D. Analisis Dampak Pembangunan Infrastruktur Jalan Terhadap Di Kota Semarang. J Din Sosbud 2015;17:82–103. https://doi.org/10.26623/jdsb.v17i1.505.

[16] Sugianto, Permadhy YT. Faktor Penyebab Pengangguran dan Strategi Penanganan Permasalahan Pengangguran Pada Desa Bojongcae, Cibadak Lebak Provinsi Banten. IKRA-ITH Ekon 2020;2:54–63.

[17] Ivanna J. Perencanaan Pembangunan Melalui Pendekatan Partisipatif. J Gener Kampus 2018;11:35–45.

[18] Ramadhan FL. Arahan Peningkatan Kesiapan Masyarakat terhadap Rencana Pembangunan Kawasan Industri di Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Banyuwangi 2015:272.

[19] Conahan JA, Kyere E. Community Readiness: Can the Human Services Delivery System Meet the Needs of Human Trafficking Victims. Int J Interdiscip Soc Community Stud 2015;10. https://doi.org/10.18848/2324-7576/CGP/v10i03/53523.

[20] Hasibuan SN, Sebayang AF, Sundaya Y. Kesiapan Masyarakat Perdesaan dalam Mengelola Dana Desa ( Studi Kasus : Desa Cibedug Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat ) The Residents Village Readiness on Village Fund Management Pendahuluan pembangunan ke arah yang lebih baik . Berbagai inovasi d. Kesiapan Masy Perdesaan Dalam Mengelola Dana Desa 2020;6:10–8.

[21] Utami F, wawargita Wijayanti, dian Dinanti. Penilaian Stakeholder Terhadap Kesiapan Masyarakat Desa Wisata Pujon Kidul. Tata Kota Dan Drh 2019;11:61–70. https://doi.org/10.21776/ub.takoda.2019.011.02.2.

[22] Nuraeni, Darmawan A, Nugraha DA. Studi Efektivitas Sosialisasi Proyek Pembangunan Pelabuhan Patimban Dan Penerimaannya Oleh Masyarakat. J Komun Univ Garut Has Pemikir Dan Penelit 2020;6:390–8.

[23] Firmansyah D. Nelayan Demo Tuntut Ganti Rugi Dampak Pembangunan Pelabuhan Patimban. DetikNews 2020. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5096544/nelayan-demo-tuntut-ganti-rugi-dampak-pembangunan-pelabuhan-patimban (accessed July 23, 2022).

[24] Somadi S. Cost-Benefit Analysis Pembangunan Pelabuhan Patimban Terhadap Masyarakat Pesisir Di Kabupaten Subang. Competitive 2020;14:9–20. https://doi.org/10.36618/competitive.v14i2.607.

[25] Farhan F. Menjerit Hasil Tangkap Anjlok, Ratusan Nelayan Terdampak Pembangunan Pelabuhan Patimban. KompasCom 2021. https://regional.kompas.com/read/2021/08/24/095813678/menjerit-hasil-tangkap-anjlok-ratusan-nelayan-terdampak-pembangunan (accessed July 23, 2022).

[26] Kencana MRB. Pelabuhan Patimban Bakal Serap 4,5 Juta Tenaga Kerja. Liputan 6 2020. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4425181/pelabuhan-patimban-bakal-serap-45-juta-tenaga-kerja (accessed July 23, 2022).

[27] Anjaeni R. Pemprov Jawa Barat Dorong Penyerapan Tenaga Kerja Lokal di Proyek Strategis Nasional. KontanCoId 2020. https://regional.kontan.co.id/news/pemprov-jawa-barat-dorong-penyerapan-tenaga-kerja-lokal-di-proyek-strategis-nasional (accessed July 23, 2022).

[28] Prokompim Diskominfo Kabupaten Subang. Merespon Jerit Nelayan Terkait Dampak Pembangunan Patimban Bupati Subang Dan Bupati Indramayu Bertemu Hadirkan Pihak Terkait. SubangGoId 2022. https://subang.go.id/public/berita/merespon-jerit-nelayan-terkait-dampak-pembangunan-patimban-bupati-subang-dan-bupati-indramayu-bertemu-hadirkan-pihak-terkait (accessed July 23, 2022).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.