Jejak karbon mahasiswa: perbandingan sebelum dan saat diberlakukan kebijakan belajar dari rumah

Paramita Rahayu, Isti Andini, Hakimatul Mukaromah, Murtanti Jani Rahayu, Winny Astuti, Rufia Andisetyana Putri, Erma Fitria Rini

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah pola mobilitas masyarakat. Pembatasan pergerakan harian diperkirakan akan mengubah banyak aspek dalam kehidupan manusia, termasuk diantaranya persepsi pada interaksi dan aktivitas secara daring, penggunaan kendaraan umum, maupun pola konsumsi. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa secara umum terjadi reduksi jejak karbon setelah pandemi Covid-19 menyerang. Penelitian ini fokus pada kelompok mahasiswa yang mengalami perubahan karakteristik aktivitas perkuliahan semenjak pandemi. Data tentang frekuensi pergerakan, penggunaan peralatan listrik, dan konsumsi makanan dikumpulkan dari populasi mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Sebelas Maret sebagai dasar perhitungan perubahan jejak karbon mahasiswa sebelum dan saat implementasi kebijakan belajar dari rumah. Analisis dengan metode kuantitatif menunjukkan bahwa jejak karbon mahasiswa berkurang, baik pada aspek kegiatan harian, aktivitas akademik maupun transportasi. Persentase terbesar pada aspek akademik ditunjukkan dengan lebih dari 80% pengurangan penggunaan kertas. Perubahan lingkungan tinggal mahasiswa menunjukkan bahwa mahasiswa yang kembali ke rumah mencatat penurunan jejak karbon yang lebih besar ketimbang mahasiswa yang masih bertahan untuk tinggal di kost di sekitar kampus UNS. Perubahan kebiasaan dalam aktivitas harian mahasiswa selama pandemi menunjukkan bahwa pandemi membawa efek positif dalam pengurangan jejak karbon. Penelitian ini merekomendasikan kolaborasi pembelajaran dalam jaringan dengan luar jaringan pada saat pandemi berakhir untuk mengurangi jejak karbon mahasiswa dalam jangka waktu yang lebih lama.

Keywords

jejak karbon; mahasiswa; mobilitas; pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References

[1] Lee J, Taherzadeh O, Kanemoto K. The scale and drivers of carbon footprints in households, cities and regions across India. Global Environmental Change 2021;66:102205. https://doi.org/10.1016/j.gloenvcha.2020.102205.

[2] Wei T, Chen S. Dynamic energy and carbon footprints of urban transportation infrastructures: Differentiating between existing and newly-built assets. Appl Energy 2020;277:115554. https://doi.org/10.1016/j.apenergy.2020.115554.

[3] Salo M, Savolainen H, Karhinen S, Nissinen A. Drivers of household consumption expenditure and carbon footprints in Finland. J Clean Prod 2021;289:125607. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.125607.

[4] Koiwanit J, Filimonau V. Carbon footprint assessment of home-stays in Thailand. Resour Conserv Recycl 2021;164:105123. https://doi.org/10.1016/j.resconrec.2020.105123.

[5] Clabeaux R, Carbajales-Dale M, Ladner D, Walker T. Assessing the carbon footprint of a university campus using a life cycle assessment approach. J Clean Prod 2020;273:122600. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.122600.

[6] Yañez P, Sinha A, Vásquez M. Carbon Footprint Estimation in a University Campus: Evaluation and Insights. Sustainability 2019;12:181. https://doi.org/10.3390/su12010181.

[7] Sangwan KS, Bhakar V, Arora V, Solanki P. Measuring Carbon Footprint of an Indian University Using Life Cycle Assessment. Procedia CIRP 2018;69:475–80. https://doi.org/10.1016/j.procir.2017.11.111.

[8] Ridhosari B, Rahman A. Carbon footprint assessment at Universitas Pertamina from the scope of electricity, transportation, and waste generation: Toward a green campus and promotion of environmental sustainability. J Clean Prod 2020;246:119172. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.119172.

[9] Mendoza-Flores R, Quintero-Ramírez R, Ortiz I. The carbon footprint of a public university campus in Mexico City. Carbon Manag 2019;10:501–11. https://doi.org/10.1080/17583004.2019.1642042.

[10] Versteijlen M, Perez Salgado F, Janssen Groesbeek M, Counotte A. Pros and cons of online education as a measure to reduce carbon emissions in higher education in the Netherlands. Curr Opin Environ Sustain 2017;28:80–9. https://doi.org/10.1016/j.cosust.2017.09.004.

[11] Li X, Tan H, Rackes A. Carbon footprint analysis of student behavior for a sustainable university campus in China. J Clean Prod 2015;106:97–108. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2014.11.084.

[12] Babbie E. The Practice of Social Research. 13th ed. Wadsworth Cengage Learning; 2013.

[13] Sugiyono. Metoda Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2010.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.