Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap perubahan lingkup pelayanan pasar tradisional di Kota Surakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Kementerian Perdagangan. Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 37/M-DAG/PER/5/2017 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembangunan dan Pengelolaan Sarana Perdagangan 2017.
[2] Aliyah I. Pemahaman Konseptual Pasar Tradisional di Perkotaan. Cakra Wisata 2017;18:1–16.
[3] Aliyah I, Daryanto TJ, Rahayu M jani. Peran Pasar Tradisional dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata Kota Surakarta. Gema Tek 2007;10:111–8.
[4] Aliyah I, Setioko B, Wisnu P. Fleksibilitas Ruang dalam Transformasi Budaya di Kawasan Pasar Tradisional Kota Surakarta (Obyek Studi: Pasar Gede Kota Surakarta). Conf. Urban Stud. Dev., Universitas Diponegoro; 2015, p. 101–18.
[5] Christaller W. Central Places in Southern Germany. Englewood Cliff: Prentice-Hall; 1966. https://doi.org/10.1177/000271626636800132.
[6] Eiselt HA, Marianov V. Foundations of Location Analysis (International Series in Operations Research & Management Science, 155). New York: Springer; 2011. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-7572-0.
[7] Kotler P, Armstrong G. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education; 2010.
[8] Stanton WJ, Etzel MJ, Walker BJ. Fundamentos de Marketing. vol. 6. Álvaro Obregón: McGraw Hill Interamericana; 2007.
[9] Nurcahya AI. Jangkauan Wilayah Pelayanan Pasar Tradisional Somoroto di Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo. J Wil Dan Lingkung 2014;2:157–68. https://doi.org/10.14710/jwl.2.2.157-168.
[10] Purbawati C, Hidayah LN, Markhamah M. Dampak Social Distancing terhadap Kesejahteraan Pedagang di Pasar Tradisional Kartasura pada Era Pandemi Korona. J Ilm Muqoddimah J Ilmu Sos Polit Dan Hummanioramaniora 2020;4:156–64. https://doi.org/10.31604/jim.v4i2.2020.156-164.
[11] Asante LA, Mills RO. Exploring the Socio-Economic Impact of COVID-19 Pandemic in Marketplaces in Urban Ghana. Africa Spectr 2020;55:170–81. https://doi.org/10.1177/0002039720943612.
[12] Taufik, Ayuningtyas EA. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. J Pengemb Wiraswasta 2020;22:21–32. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i01.389.
[13] Kunchaparthi S. Impact of COVID 19 on E-Commerce. J Interdiscipl Cycle Res 2020;12:1161–5. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.20236.85127.
[14] Dinas Perdagangan Kota Surakarta. Data Persebaran Lokasi Pasar Tradisional di Kota Surakarta 2021.
[15] Raco J. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo; 2010.
[16] MIles MB, Huberman AM. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. 2nd ed. Thousand Oaks, CA: Sage; 1994.
[17] Pemerintah Kota Surakarta. Keputusan Walikota Surakarta Nomor 443.76/28 Tahun 2020 tentang Penetapan Status Kejadian Luar Biasa Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Surakarta 2020.
[18] Danardono A. Pemerintah Kota Surakarta Tetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) Virus Corona. Disk SP Kota Surakarta 2020. https://diskominfosp.surakarta.go.id/pemerintah-kota-surakarta-tetapkan-kejadian-luar-biasa-klb-virus-corona/ (accessed July 13, 2023).
[19] Pemerintah Kota Surakarta. Peraturan Walikota Kota Surakarta Nomor 10 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Kota Surakarta 2020.
[20] Pemerintah Kota Surakarta. Surat Edaran Walikota Surakarta Nomor 067/036 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Surakarta 2021.
Refbacks
- There are currently no refbacks.