Pengaruh pemanfaatan lahan terhadap pola pergerakan spasial pada Jalan Letjen S. Parman, Surakarta

Pregiann Yuniasa, Murtanti Jani Rahayu, Erma Fitria Rini

Abstract

Pemanfaatan lahan merupakan usaha pendayagunaan suatu lahan sesuai dengan karakternya dalam rangka menopang suatu proses pemenuhan kebutuhan manusia. Dalam interaksinya dengan sistem transportasi perkotaan, pemanfaatan lahan berhubungan dengan sistem kegiatan, yang meliputi jenis pemanfaatan lahan, sebaran pemanfaatan lahan, pola aktivitas pemanfaatan lahan, dan intensitas aktivitas pemanfaatan lahan. Jalan Letjen S. Parman, Surakarta, dengan karakternya sebagai kawasan perdagangan jasa dan simpul transportasi regional, telah menjadi magnet pergerakan yang kuat di Kota Surakarta dengan intensitas kegiatan yang cukup tinggi pada kawasan. Intensitas kegiatan yang tinggi sebagai hasil dari aktivitas pemanfaatan lahan telah memicu pergerakan yang tinggi dan beragam pada kawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lahan terhadap pola pergerakan spasial pada Jalan Letjen S. Parman, Surakarta. Metode penelitian yang digunakan, yaitu analisis tetangga terdekat, analisis kepadatan bangunan, analisis regresi linier, serta analisis statistik deskriptif guna mengetahui pengaruh dari pemanfaatan lahan terhadap pola pergerakan spasial pada Jalan Letjen S. Parman, Surakarta. Berdasarkan hasil akhir analisis, diketahui bahwa pemanfaatan lahan berpengaruh kuat terhadap pola pergerakan spasial pada Jalan Letjen S. Parman, Surakarta.

Keywords

Aktivitas Pemanfaatan Lahan; Bangkitan dan Tarikan; Perdagangan dan Jasa; Permukiman; Pola Pergerakan

Full Text:

PDF

References

[1] Aditiawan M V. Pengaruh Perubahan Penggunaan Lahan terhadap Bangkitan Lalu Lintas pada Koridor Jalan Zainal Abidin Pagar Alam di Kota Bandar Lampung. Universitas Lampung, 2016.

[2] Tamin OZ. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. 2nd ed. Bandung: Penerbit ITB; 2000.

[3] Wijanarko I, Ridlo MA. Faktor-faktor Pendorong Penyebab Terjadinya Kemacetan Studi Kasus : Kawasan Sukun Banyumanik Kota Semarang. J Planol 2017;14:63–74. https://doi.org/10.30659/jpsa.v14i1.3859.

[4] Pemerintah Kota Surakarta. Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Surakarta Tahun 2011-2031. 2012.

[5] Pemerintah Kota Surakarta. Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Surakarta Tahun 2016-2021. 2016.

[6] Gatot B. Jl. S. Parman Dibongkar, Kemacetan Tak Terhindarkan. Koran Solo 2018.

[7] Sholikah B. Solo Bakal Dibangun Jalan Layang Kereta Api. Republika 2021.

[8] Dinas Perhubungan Kota Surakarta. Tataran Transportasi Lokal (TATRALOK) Kota Surakarta Tahun 2009-2020. 2009.

[9] Nuzuluddin TR. Pengaruh Parkir dan Activity Support terhadap Program Pascasarjana. Universitas Diponegoro Semarang, 2007.

[10] Sari YA, Dewanti. Pengaruh Penggunaan Lahan terhadap Sirkulasi Lalu Lintas pada Simpang di Jalan Panam Kota Pekanbaru. Universitas Gadjah Mada, 2018.

[11] Roscoe JT. Fundamental Research Statistics for the Behavioral Sciences. New York: Holt, Rinehart and Winston; 1975.

[12] Bintarto R. Metode Analisa Geografi. Jakarta: LP3ES; 1987.

[13] Mudzakir. Aplikasi Citra IKONOS dan SIG untuk Menilai Kualitas Permukiman di Kecamatan Pakualaman Kota Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada, 2008.

[14] Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta; 2013.

[15] Kaiser EJ, Godschalk DJ, Chapin FS. Urban Land Use Planning. 4th Revise. University of Illinois Press; 1995.

[16] Rahayu MJ, Buchori I, Widjajanti R. Study of Locations’ Characteristics for Stabilization of Street Vendors in Surakarta City. IOP Conf Ser Earth Environ Sci 2018;106. https://doi.org/10.1088/1755-1315/106/1/012063.

[17] Rusmawan. Perubahan Penggunaan Lahan Pertanian ke Non-Pertanian dalam Perspektif Sosial Budaya. Geomedia 2007;5:111–8. https://doi.org/10.21831/gm.v5i1.14207.

[18] Kuncoro M. Analisis Spasial dan Regional : Studi Aglomerasi & Kluster Industri Indonesia. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN; 2002.

[19] Astriyanto T. Analisis Lokasi Usaha Sektor Informal Kampus Universitas Negeri Semarang Desa Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang, 2010.

[20] Black J. Urban Transport Planning: Theory and Practice. New York: Routledge; 1981.

[21] Suminar R., Nugrahandika W. Karakteristik dan Pola Pergerakan Penduduk di Kawasan Pinggiran Kota Yogyakarta (Studi Kasus: Kecamatan Mlati dan Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Perenc Wil Kota 2015;5:1–7.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.