Perhitungan waktu tempuh koridor Jl. Sukarno-Hatta

Budi Sugiarto Waloejo, Gunawan Prayitno

Abstract

Tarikan dan bangkitan tata guna lahan, pergerakan antar kota atau antar kawasan pusat kota dengan sub pusat kota, atau subpusat kota dengan subpusat kota lainnya menyebabkan terjadinya penumpukan arus pergerakan lokal yang menyebabkan terjadinya peningkatan waktu tempuh pada ruas jalan.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui model interaksi tata guna lahan-sistem jaringan jalan di Kawasan Jl. Sukarno-Hatta Kota Malang; mengetahui komponen-komponen yang berpengaruh terhadap penentuan estimasi waktu tempuh; dan menganalisa model hubungan arus lalu lintas dengan penentuan estimasi waktu tempuh. Metode analisis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif, metode korelasional (metode Pearson Product Moment), dan analisis kuantitatif yang meliputi analisis regresi metode Stepwise, analisis ANOVA, analisis sistem perparkiran, analisis perhitungan kapasitas jalan, analisis tingkat pelayanan jalan. Hasil analisis sensitivitas menunjukkan bahwa rekayasa lalu lintas dapat memperbesar kapasitas ruas jalan terutama yang berada di frontage area guna mencapai tingkat pelayanan jalan ideal. Temuan dari penelitian ini adalah dibutuhkan rasio yang merupakan representasi dari karakteristik pergerakan bangkitan/tarikan tiap-tiap guna lahan pada setiap jamnya. Pengembangan guna lahan campuran (mixed use) yang diharapkan dapat mengurangi pergerakan antar tata guna lahan ternyata menimbulkan pengaruh terhadap peningkatan estimasi waktu tempuh pada ruas jalan tersebut. Komponen yang mempengaruhi estimasi waktu tempuh di Jl. Soekarno Hatta adalah kemacetan dan lama traffic light.

Keywords

Arus lalu lintas; Estimasi waktu tempuh; Tata guna lahan

Full Text:

PDF

References

Prayitno G, Sari N, Hasyim A W dan Nyoman Widhi S W 2020 Land-Use Prediction in Pandaan District Pasuruan Regency International Journal of GEOMATE 18 65 pp 64-71 DOI: 10.21660/2020.65.41738

Review Rencana Rinci Tata Ruang Kota Malang (BWP Malang Utara) Tahun 2013-2033 Diakses dari https://docplayer.info/29744507-Review-rencana-rinci-tata-ruang-kota-malang-bwp-malang-utara-tahun.html pada 08-07-2020

Tamin O Z 2000 Perencanaan dan Pemodelan Transportasi (Bandung: ITB) Diakses dari https://tekniksipilunwir.files.wordpress.com/2014/03/perencanaan-dan-pemodelan-transportasi.pdf

Black J 1981 Urban Transport Planning, Theory and Practice (London: Croom Helm)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Diakses dari https://pih.kemlu.go.id/files/uu_no_22_tahun_2009.pdf

Cervero R 1996 Mixed land-uses and commuting: Evidence from the American Housing Survey Transportation Research Part A: Policy and Practice 30 5 pp 361-77 DOI: 10.1016/0965-8564(95)00033-X

Emberger G and Pfaffenbichler P C 2003 Application of European Land Use-Transport Interaction Model MARS to Asian Cities-Cupum 05 London (Vienna Austria: Institute for Transport Planning and Traffic Engineering Vienna University of Technology) Diakses dari https://www.fvv.tuwien.ac.at/fileadmin/mediapool-verkehrsplanung/Diverse/Forschung/Publikationen/Online/2005_cupum_238_01.pdf

O’Flaherty C A 2006 Transport Planning and Traffic Engineering (Netherland: Elsevier) Diakses dari https://www.dphu.org/uploads/attachements/books/books_2623_0.pdf

Ortuzar J D and Willumsen L G 1990 Modelling Transport (England: John Wiley and Son)

Waloejo B S, Surjono and Sulistio H 2012 The Influence of Trip Attraction on the Road's Level of Service (LOS) at Traditional Market Land Use Journal of Applied Environmental and Biological Sciences (JAEBS) 2 1 pp 92-9 Diakses dari http://surjonopwkub.lecture.ub.ac.id/files/2012/03/JAEBS-2192-96-2012-Budi-S-PWK.pdf

Sugiyono D R 2010 Statistika untuk Penelitian (Bandung: Publisher Alfabeta)

Hanum H 2011 Perbandingan Metode Stepwise, Best Subset Regression, dan Fraksi dalam Pemilihan Model Regresi Berganda Terbaik Jurnal Penelitian Sains 14 2(A) 14201 pp 1-6 Diakses dari http://ejurnal.mipa.unsri.ac.id/index.php/jps/article/view/109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.