Analisis kesesuaian koridor Jalan Gatot Subroto dan Jalan Dr. Radjiman sebagai pusat pelayanan perdagangan dan jasa Subosukowonosraten

Shafa Nisrina Noorani, Kusumastuti Kusumastuti, Soedwiwahjono Soedwiwahjono

Abstract

Pusat pelayanan memiliki fungsi untuk melayani wilayah hinterlandnya. Menurut RTRW Kota Surakarta Tahun 2011-2031, salahsatu pusat pelayanan perdagangan dan jasa terletak di Koridor Jalan Gatot Subroto dan Jalan Dr. Radjiman. Berdasarkan observasi lapangan, koridor ini merupakan pusat perbelanjaan yang sudah ada sejak lama sebelum munculnya pusat perbelanjaan modern di Kota Surakarta. Namun, masih terdapat permasalahan yang berkaitan dengan fungsinya sebagai pusat pelayanan. Permasalahan tersebut berupa daya tarik serta fasilitas pendukung yang kurang memadai. Penelitian ini akan membahas tentang kesesuaian koridor penelitian terhadap kebutuhan konsumen berdasarkan pada segmentasi pasar yaitu masyarakat menengah-bawah. Peneliti menggunakan data primer berupa observasi lapangan dan wawancara serta data sekunder berupa peraturan dan dokumen pemerintah. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis skoring. Dalam mengetahui kesesuaiannya, terdapat 2 konsep yang digunakan sebagai variabel penelitian. Konsep tersebut adalah threshold dan range. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa koridor penelitian memiliki beberapa permasalahan serta potensi yang dapat dikembangkan. Permasalahan tersebut berkaitan dengan daya tarik yang berdampak pada luas jangkauan pelayanan. Dilain pihak, potensi yang dimiliki berupa daya dukung lokasi dan threshold yang sudah memadai.

Keywords

Kegiatan Perdagangan dan Jasa; Pusat Pelayanan; Segmentasi Pasar

Full Text:

PDF

References

Tarigan R. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Jakarta: PT. Bumi Aksara; 2005.

Pemerintah Kota Surakarta. Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana tata Ruang Wilayah Kota Surakarta Tahun 2011-2031 2012.

Gibbs RJ. Principles Of Urban Retail Planning And Development. Canada: John Wiley & Sons, Inc.; 2012.

Bäckström K. Shopping as leisure: An exploration of manifoldness and dynamics in consumers shopping experiences. J Retail Consum Serv 2011;18:200–9. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2010.09.009.

Djojodipuro M. Teori Lokasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia; 1992.

Wyckoff W. Central Place Theory and The Location of Services in Colorado in 1899. Soc Sci J 1989;26:383–98. https://doi.org/10.1016/0362-3319(89)90003-7.

El-Adly MI. Shopping malls attractiveness: A segmentation approach. Int J Retail Distrib Manag 2007;35:936–50. https://doi.org/10.1108/09590550710828245.

Foster B. Manajemen Ritel. Bandung: Penerbit Alfabeta; 2008.

Fauzi M. Efektivitas Komponen Manajemen Risiko Bencana Kebakaran di Kota Surakarta. Universitas Sebelas Maret, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.