Hubungan pemanfaatan lahan dengan volume pergerakan di Jalan Margonda Raya, Kota Depok

Okti Anggraeni, Winny Astuti, Hakimatul Mukaromah

Abstract

Jalan Margonda Raya merupakan jalan arteri yang sekaligus berfungsi sebagai jalan utama di Kota Depok, Jawa Barat. Koridor jalan tersebut merupakan salah satu kawasan yang mengalami perkembangan pemanfaatan lahan akibat adanya Universitas Indonesia (UI). Perkembangan pemanfaatan lahan di kawasan tersebut berorientasi memenuhi kebutuhan mahasiswa sehingga mengakibatkan fungsi pemanfaatan lahan di sepanjang koridor Jalan Margonda Raya menjadi beragam. Pemanfaatan lahan yang beragam membangkitkan pergerakan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya dalam upaya pemenuhan kebutuhan yang juga mempengaruhi volume pergerakan di koridor tersebut. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan lahan dengan volume pergerakan di Jalan Margonda Raya, Kota Depok. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berdasarkan observasi lapangan dan traffic counting pada 32 titik. Data tersebut selanjutnya di analisis mengunakan teknik pemetaan dan statistik deskriptif untuk mengetahui jenis dan luasan pemanfaatan lahan, volume lalu lintas untuk mengetahui volume pergerakan, serta korelasi dan deskripsi untuk mengetahui hubungan dan karakteristik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pemanfaatan lahan dengan volume pergerakan yang terjadi pada koridor Jalan Margonda Raya. Hubungan kuat tersebut menunjukkan karakteristik bahwa semakin luas pemanfaatan lahan pada kawasan penelitian, aktivitas yang terjadi pada pemanfaatan lahan tersebut semakin beragam sehingga menyebabkan tingginya volume pergerakan.

Keywords

Hubungan; Korelasi; Pemanfaatan Lahan; Sistem Transportasi; Volume Pergerakan

Full Text:

PDF

References

Abdusomad M 2004 Pola Pengaruh Penggunaan Lahan Terhadap Sistem Pergerakan pada Kawasan Pusat Kota Brebes Tesis Semarang: Universitas Diponegoro Diakses dari http://eprints.undip.ac.id/5102/

Badan Pusat Statistik Kota Depok 2016 Kota Depok Dalam Angka 2016 Diakses dari https://depokkota.bps.go.id/publication/2018/01/05/fad2cf64650af0e3875243c6/kota-depok-dalam-angka-2016.html

Badan Pusat Statistik Kota Depok 2017 Kota Depok Dalam Angka 2017 Diakses dari https://depokkota.bps.go.id/publication/2018/01/11/725583139ac8386b2925a7d9/kota-depok-dalam-angka-2017.html

Sutardi S D 2003 Perubahan Fungsi Ruang di Jalan Margonda Raya Sekitar Kawasan Pendidikan Tesis (Depok: Universitas Indonesia)

Amiruddin A 2014 Pengaruh Keberadaan Universitas Haluoleo Terhadap Perubahan Tata Guna Lahan di Kawasan Andonuohu Kota Kendari Jurnal Wilayah dan Lingkungan 2 73–88 DOI: 10.14710/jwl.2.1.73-88

Munggiarti A dan Buchori I 2015 Pengaruh Keberadaan Perguruan Tinggi Terhadap Perubahan Morfologi Kawasan Sekitarnya Journal of Geomatics and Planning 2 51–68 DOI: 10.14710/geoplanning.2.1.51-68

Pratiwi A dan Ihsannudin 2016 Dampak Keberadaan Kampus Universitas Trunojoyo Madura Terhadap Nilai Tanah yang Ada di Sekitarnya Media Trend 11 52–68 DOI: 10.21107/mediatrend.v11i1.1355 Diakses pada 7 April 2018

Tamin O Z 1997 Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Bandung: ITB Bandung

Julianto E N 2010 Hubungan Antara Kecepatan, Volume dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang Jurnal Tekik Sipil & Perencanaan 12 151–60 Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jtsp/article/view/1348 pada 5 Desember 2017

Tamin O Z 2000 Perencanaan dan Pemodelan Transportasi (Bandung: ITB Bandung)

Budi I S 2000 Pengaruh Penggunaan Lahan Terhadap Bangkitan dan Tarikan Pergerakan di Sepanjang Jalan Gadjah Mada Kota Batam Tesis (Semarang: Universitas Diponegoro) Diakses dari http://eprints.undip.ac.id/15654/

Pemerintah Kota Depok 2015 Peraturan Daerah Kota Depok No. 1 Tahun 2015 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Depok 2012-2032 Lembar Daerah Kota Depok Tahun 2015 No. 1

Dinas Perhubungan Kota Depok 2015 Tatralok Kota Depok 2015

Li S et al 2004 Statistical Analysis on The Relationship between Road Network and Ecosystem Fragmentation in China China Academic Journal 23 78–86 Diakses dari http://en.cnki.com.cn/Article_en/CJFDTOTAL-DLKJ200405009.htm pada 2 November 2017

Dinas Perhubungan Kota Depok 2017 Tatralok Kota Depok 2017

Direktorat Jendral Bina Marga 1997 Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Jakarta: Direktorat Jendral Bina Marga

Priambudi B N dan Pigawati B 2014 Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Perubahan Pemanfaatan Lahan dan Sosial Ekonomi di Sekitar Apartemen Mutiara Garden Jurnal Teknik PWK 3 576–84 Diakses dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/pwk/article/view/6680 pada 8 April 2014

Yunus H S 2008 Dinamika Wilayah Peri-Urban: Determinan Masa Depan Kota (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Zulkifli A 2015 Pengelolaan Kota Berkelanjutan (Yogyakarta: Graha Ilmu)

Purwanto E A dan Sulistyastuti D R 2011 Metode Penelitian Kuantitatif: Untuk Administrasi Publik dan Masalah-Masalah Sosial (Edisi 2) (Yogyakarta: Gava Media)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.