Konstruksi Indikator Penilaian Proyek Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran Fisika Fase F

Agung Prastyo, Hanun Fithriyah, Elvin Yusliana Ekawati

Abstract

Abstract: The success of learning physics is supported by proper assessment. The quality of student assessment indicators affects the quality of educational measurement results. The construction of indicators needs to be carried out by the current curriculum, namely the Merdeka Curriculum. The purpose of this study was to construct project assessment indicators in physics learning based on the dimensions of Profil Pelajar Pancasila in phase F. This study used a part of development research with a descriptive quantitative method. The indicators in this project assessment instrument are constructed for project-based physics learning activities. The project assessment indicators are prepared based on the key elements and sub-elements of the dimensions of the Profil Pelajar Pancasila. Assessment indicators are reviewed qualitatively based on construction criteria by experts. The teacher's response in assessing students was analyzed quantitatively using the Quest program to obtain the level of compatibility and information for each indicator. The results of the research based on quantitative analysis using the Quest program show that 70% of the assessment indicators are in a good category, 20% are in a poor category, and 10% are in a bad category.

Abstrak: Keberhasilan pembelajaran fisika didukung dengan penilaian yang tepat. Kualitas indikator penilaian siswa memengaruhi kualitas hasil pengukuran pendidikan. Konstruksi indikator perlu dilakukan sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini, yaitu kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah mengonstruksi indikator penilaian proyek pada pembelajaran fisika berdasarkan dimensi profil pelajar pancasila pada fase F. Penelitian ini menggunakan bagian dari penelitian pengembangan dengan metode kuantitatif deskriptif. Indikator dalam instrumen penilaian proyek ini dikonstruksi untuk kegiatan pembelajaran fisika berbasis proyek. Indikator penilaian proyek disusun berdasarkan elemen kunci dan sub elemen dari dimensi profil pelajar pancasila. Indikator penilaian ditelaah secara kualitatif berdasarkan kriteria konstruksi oleh ahli. Respon guru dalam menilai siswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan program Quest untuk mendapatkan tingkat kecocokan dan informasi tiap indikator. Hasil penelitian berdasarkan analisis kuantitatif dengan program Quest menunjukkan bahwa 70% indikator penilaian termasuk kategori baik, 20% indikator penilaian termasuk kategori kurang baik, dan 10% indikator penilaian termasuk kategori tidak baik.

Keywords

pembelajaran fisika; indikator penilaian; tingkat kecocokan

Full Text:

PDF

References

Abdullah, N., Jahja, M., & Setiawan, D. G. E. (2022). ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI JURUSAN FISIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO TAHUN AJARAN 2021/2022. (1), 44–52.

Ayub, M. R. S. S. N., Istiyono, E., Munadi, S., Permadi, C., Pattiserlihun, A., & Sudjito, D. N. (2020). Analisa Penilaian Soal Fisika Menggunakan Model Rasch Dengan Program R. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 3(2), 46–52. https://doi.org/10.24246/juses.v3i2p46-52

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Friyatmi. (2018). ESTIMASI PARAMETER TES DENGAN PENSKORAN POLITOMUS MENGGUNAKAN GRADED RESPONSE MODEL PADA SAMPEL KECIL. 8(1), 22–31.

Hulin, C. L., Drasgow, F., & Parsons, C. K. (1983). Item response theory : application to psychological measurement. Homewood: Dow Jones-Irwin.

Miswanto. (2011). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi Program Linier siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan, 1, 60–68.

Perdana, S. A. (2018). Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. Jurnal Kiprah, 6(1), 41–48. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.574

Pratama, D. (2020). Analisis Kualitas Tes Buatan Guru Melalui Pendekatan Item Response Theory (IRT) Model Rasch. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 61–70. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1187

Pratama, D., & Husnayaini, I. (2020). Applying Rasch Model To Measure Students` Reading Comprehension. JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 6(2), 203–209. https://doi.org/10.21009/jisae.v6i2.14920

Putu, N., Krismony, A., Parmiti, D. P., Gusti, I., & Japa, N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249–257. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2

Ramadayanty, M., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Multiple Representation untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.17-24

Refiana, R., Jamal, M. A., & Hartini, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Kelas X MS3 SMAN 2 Banjarmasin Pada Materi Gerak Melingkar Melalui Pengajaran Langsung Bermetode Pemecahan Masalah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 64. https://doi.org/10.20527/bipf.v4i1.1048

Setyawarno, D. (2017). Upaya Peningkatan Kualitas Butir Soal dengan Analisis Aplikasi Quest. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi model Rasch untuk penelitian ilmu-ilmu sosial (edisi revisi). Cimahi, Indonesia: Trim Komunikata Publishing House.

Susongko, P. (2016). Validation of science achievement test with the Rasch model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 268–277. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.7690

Wahyudi, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Statis Danlistrik Dinamis Siswa Kelas X Rpl 1 Smk N I Dlanggu.Kab. Mojokerto Tapel 2018/2019. Journal of Education Action Research, 5(1), 57–66. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.