Analisis Penggunaan Metode Mengajar (Metode Demonstrasi, Metode Eksperimen, Metode Inquiry, dan Metode Discovery di SMA Negeri 11 Kota Jambi)

Feliza Paramitha Sinaga, Jurhana Jurhana, Yusrita Yusrita, M. Hidayat

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the implementation of the principles and procedures for the use of teaching methods as well as the types of teaching methods, the advantages and disadvantages of using methods in the learning process, as well as targeted achievements. The method used is a qualitative method. The type of research used is a case study obtained through interviews. The subjects in this study were physics teachers at SMAN 11 Jambi City. The results of this study indicate that there are several types of teaching methods in the classroom such as the demonstration method, the experimental method, the inquiry method, and the discovery method. Where the teacher always makes lesson plans for each semester. Using learning media that can attract students' interest, managing literature, learning resources from books, and other media that are in accordance with learning materials. As well as having teacher skills in managing classes through teaching methods.

Abstrak: Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan prinsip-prinsip dan prosedur penggunaan metode mengajar setra jenis-jenis metode mengajar, kelebihan-kekurangan dalam penggunaan metode dalam proses pembelajaran, serta capaian yang tepat sasaran. Metode yang digunakan adalah metode kualtitatif jenis penelitian yang dipakai adalah study kasus yang diperoleh melalui wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah Guru fisika SMAN 11 Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada beberapa jenis metode mengajar di kelas seperti metode demonstrasi, metode eksperimen, metode inquiry, dan metode discovery. Di mana guru selalu membuat RPP untuk setiap satu semester. Menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa, mengelola literatur, sumber belajar dari buku , dan media lainnya yang sesuai dengan materi pembelajaran. Serta memiliki keterampilan guru dalam mengelola kelas melalui metode mengajar.

Keywords

Prinsip-prinsip metode mengajar; jenis-jenis metode mengajar; prosedur penggunaan metode mengajar

Full Text:

PDF

References

Armadi. S. (2016). Peranan Metode Mengajar Terhadap Penguasaan Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Intelegensia. 1(1).

Harefa. A, R. (2019). Peran Ilmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Warta Edisi: 60.

Hartawan. I, K, A, Tastra. I, D, K & Pudjawan. K. (2014). Pengembangan Portal E- learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Di SMA DWIJENDRA Denpasar. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan. 2(1).

Machmud & Muslimin. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Malang : Penerbit Selaras.

McComas. W, F. (2015). The Nature of Science & amp; the Next Generation of Biology Education. The American Biology Teacher. 77(7). 485–491.

Nisa. A. (2015). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2(1).

Pane. A & Dasopang. M, D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. 3(2).

Somantri. G, R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara, Sosial Humaniora. 9(2).

Titus. H, H. (1959). Living Issues In Philoshophy, New York: American Book Company.

Vandini. I. (2015). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif. 5(3).

Widiyati. A. (2004). Metode Mengajar Sebagai Strategi Dalam Mencapai Tujuan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 3(1).

Widyatiningsih. R. (2002). Pembentukan Pengrtahuan Sains, Teknologi dan Masyarakat dalam Pandangan Pendidikan IPA. Educare: Jurnal Pendidikan dan Budaya. 1(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.