Peningkatan Kemampuan Praktik Elektronika Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro dengan Model Inquiri Terbimbing

Ihtiari Prastyaningrum, Sulistyaning Kartikawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan praktik elektronika pada mata kuliah Rangkaian Elektronika. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada mahasiswa semester 2 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI  Madiun tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 20 mahasiswa. Penelitian dilakukan selama 2 bulan yaitu dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2016. Pengambilan data dalam  penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dengan lembar check list untuk analisis data kualitatif berupa kemampuan praktik elektronika. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I mahasiswa yang mampu menyusun rangkaian secara mandiri 10 mahasiswa atau  50%, sedangkan 7 mahasiswa atau 35% masih membutuhkan bimbingan dosen dalam beberapa hal yang bersifat penting, dan 3 orang mahasiswa atau 15% masih belum mampu menyusun rangkaian elektronika. Pada siklus II mahasiswa yang mampu menyusun rangkaian secara mandiri 15 mahasiswa atau  75%, sedangkan 4 mahasiswa atau 20% masih membutuhkan bimbingan dosen dalam beberapa hal yang bersifat penting, dan 3 orang mahasiswa atau 5% masih belum mampu menyusun rangkaian elektronika.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model inquiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan praktik elektronika mahasiswa.

 

Kata kunci: inquiri terbimbing, praktik elektronika

 

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, Iif Khoiru. dkk. Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Asep jihad dan Abdul Haris, Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2010.

Aziz, Abd. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Untuk Menungkatkan Hasil Belajar Pada Konsep Magnet di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Athfal 01 Parung, (Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011).

Colburn, Alan. An Inquiry Primer, California State University, diakses dari (http://www.experientiallearning.ucdavis.edu/module2/el2-60-primer.pdf), pada 20 Juli 2013.

Dahlan, M.D. Model-Model Mengajar, Bandung : IKAPI, 1984.

Hakim, Lukmanul. Perencanaan Pembelajaran, Bandung : Wacana Prima, 2009.

Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2009

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. 8. 2008.

Harun Rasyid dan Mansur, Penilaian Hasil Belajar, (Bandung: CV. Wacana Prima, 2009), h. 133

Hidayati. (2004). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Program D II-PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Iska, Zikri Neni. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Kizi Brothers, 2011.

Isriani Hardini dan Dewi Puspita. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia, 2012.

Jihad, Asep. dkk. Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo, 2010.

Mulyani dan Johar Permana. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2008.

Srini M Iskandar. (1997). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Syaiful Sagala. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Cet 8. Bandung: CV Alfabeta.

Tri Mulyani. (2000). Strategi Pembelajaran (Learning and Teaching Strategy). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.