Profil Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Bebas Bermuatan Multirepresentasi

Nita Depit Setyani, C Cari, A Suparmi, Sarwanto Sarwanto, Jeffry Handhika

Abstract

Pembelajaran fisika meliputi teori, hukum, persamaan matematis, dan kemampuan analisis konsep.  Pembelajaran secara multirepresentasi membantu mahasiswa untuk memahami konsep fisika lebih baik. Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis yang membantu mahasiswa belajar secara mandiri. Melalui model pembelajaran inkuiri, mahasiswa belajar dengan menemukan sendiri konsep fisika melalui metode ilmiah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pendapat mahasiswa dan dosen terhadap pengembangan modul fisika berbasis inkuiri bebas bermuatan multirepresentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data diperoleh menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pengembangan modul fisika berbasis inkuiri bebas bermuatan multirepresentasi perlu dilakukan untuk membantu mahasiswa memahami konsep secara mandiri dan merubah pola pikir mahasiswa yang cenderung menghafal persamaan.

 

Kata kunci: modul, inkuiri bebas, multirepresentasi.

Full Text:

PDF

References

Ainsworth, S. (1999). The Functions of Multiple Representations. Computers & Education, 33, 131-152

Fatmaryanti, S. D. dan Sarwanto. (2013). Profil Kemampuan Representasi Mahasiswa Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Pendidikan Sains, 1( 4), 382-389.

Handhika, J., Cari, Suparmi & Sunarno, W. (2015a). Exsternal Representation to Overcome Misconception in Physics. International Conference on Mathematics, Science, and Education 2015: 34-37.

Handhika, J., Cari, Suparmi & Sunarno, W. (2015b). Student Conception and Perception of Newton’s Law. Proceedings of International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education. AIP Conference Proceeding.

Handhika, J., Purwandari, Cari, Suparmi, Sunarno, W. (2015). Profil Konsepsi Mahasiswa pada Materi Kinematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. 167-172. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Hwang W. Y., Chen N. S., Dung J. J., & Yang Y. L. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard. System Educational Technology & Society, 10(2), 191-212.

Mahardika, I. K. (2013). Characteristic of Mechanics Teaching Materials For Increasing Students of Physics Teacher Candidates Representation Ability on Verbal, Mathematical, Picture, and Graphic. Jurnal Pengajaran MIPA, 18 (2), 214-220.

Waldrip B., Prain V. dan Carolan J. (2006). Learning Junior Secondary Science through Multi Modal Representation. Electronic Journal of Science Educational. Retreived from http://ejse.southwestern.edu

Refbacks

  • There are currently no refbacks.