Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Calon Guru Fisika

Lovy Herayanti, M. Fuaddunnazmi, Habibi Habibi

Abstract

Abstract. The purpose of this study was to develop learning media based on Moodle to determine the effect on the ability to think creatively prospective physics teachers in the IKIP Mataram. This research includes the development of research that is carried out through four stages to Define, Design, Develop and Disseminate. The subject of the study focused on students in the Department of Physics Education in FPMIPA IKIP Mataram who are following the lecture Physics II, Academic Year 2015/2016. The instrument used in the research is test the ability of creative thinking, observation sheets, questionnaires and interview guidelines. This study was conducted over two years in 2015 and 2016. In the first year of development, has been completed by the design development phase with the final result of the product development media of Moodle that has been validated. The tests showed that the media deserves to be tested. Outcomes achieved in the first year it generates Moodle-based software modifications, publication of scientific articles about the national ISSN Moodle-based learning media, resulting draft teaching materials, and the latter resulting guidebook use of Moodle for faculty and students. In the second year the tests on a wide scale to the results moodle media products that have been developed in the first year on material Basic Physics II. The last stage in this research is the evaluation stage to see the response of students to the media developed. The results of the analysis we concluded that students give positive response to the design, roles, and ease of use Moodle-based learning media in teaching Physics II.

 

Key Word: Media Based onMoodle, Creative Thingking Skills.

 

Abstrak. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis moodle untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif calon guru fisika di IKIP Mataram. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang dilakukan melalui empat tahapan yaitu, Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subyek penelitian difokuskan pada mahasiswa pada Jurusan Pendidikan Fisika di FPMIPA IKIP Mataram yang sedang mengikuti perkuliahan Fisika Dasar II pada Semester Genap Tahun Akademik 2015/2016. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi, angket, dan pedoman wawancara. Penelitian ini dilakukan selama 2 tahun, yaitu pada tahun 2015 dan tahun 2016. Pada tahun pertama pengembangan, telah diselesaikan hingga tahap pengembangan desain dengan hasil akhir berupa produk pengembangan media moodle yang telah divalidasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media layak untuk diujikan. Luaran yang dicapai pada tahun pertama dihasilkannya modifikasi software berbasis moodle, dipublikasikannya artikel ilmiah nasional ber-ISSN tentang media pembelajaran berbasis moodle, dihasilkannya draft bahan ajar, dan terakhir dihasilkannya buku pedoman penggunaan moodle bagi dosen dan mahasiswa.  Pada tahun kedua dilakukan ujicoba pada skala luas terhadap hasil produk media moodle yang telah dikembangkan pada tahun pertama pada materi Fisika Dasar II. Tahap terakhir pada penelitian ini yaitu tahap evaluasi untuk melihat respon mahasiswa terhadap media yang dikembangkan. Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa memberikan tanggapan yang positif terhadap desain, peran, dan kemudahan penggunaan media pembelajaran berbasis moodle dalam pembelajaran Fisika Dasar II.

 

Kata kunci: Media Berbasis Moodle, BerpikirKreatif.

Full Text:

PDF

References

Arianti, Y.M. 2012. Aplikasi E-Learning Berbasis Web. UG Jurnal. Vol.6 No.01.

Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press

Chandrawati, S.R. 2010. Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan. Vol.8 No.2 September 2010.

Fauzi, A. 2004. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hassoubah, Z. I. 2008. Mengasah Pikiran Kreatif Dan Kritis. Bandung: Nuansa.

Herayanti, et al. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT). Vol.1 No.3 Juli 2015.

Jazuli, Akhmad. 2009. Berfikir Kreatif Dalam Kemampuan Komunikasi Matematika. Prosiding ISBN: 978-979-16353.

Malaka, S. 2011. 99Tips Cerdas dan Efektif Berpikir Positif dan Berjiwa Besar. Yogyakarta: Araska.

Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Munir, 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV Alfabeta.

Siswono, T.Y.E. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah.Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (JMPS).

Purwanto, N. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rusdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.