Penerapan Media Praktikum Gerak Harmonik Sederhana Menggunakan Osilator Digital Detector untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan ketrampilan proses melalui penerapan media praktikum gerak harmonik sederhana menggunakan osilator digital detector pada praktikum Fisika Dasar 1. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada mahasiswa semester 1Prodi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Madiun tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 24 mahasiswa. Penelitian dilakukan selama 2 bulan yaitu dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2016. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dengan lembar check list untuk analisis data kualitatif dan tes penilaian kognitif mahasiswa sebagai analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I mahasiswa yang mendapat nilai 41 - 60 sebanyak 10 mahasiswa atau 41,67%, nilai 61 – 80 sebanyak 10 mahasiswa atau 41,67% dan mahasiswa yang mendapat nilai 81 -100 sebanyak 4 mahasiswa atau 16,66%. Pada siklus II mahasiswa yang memperoleh nilai 61 – 80 sebanyak 19 mahasiswa atau 79,67%, sedangkan mahasiswa yang memperoleh nilai 81 – 100 sebanyak 5 mahasiswa atau 20,83%. Berdasarkan hasil tes pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yaitu nilai rata–rata kelas tes siklus I adalah 74,04 meningkat menjadi 83,30 pada tes siklus II. Untuk ketrampilan proses mahasiswa pada siklus I cukup baik dan meningkat menjadi baik pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan media praktikum gerak harmonik sederhana menggunakan osilator digital detector pada praktikum Fisika Dasar 1dapat meningkatkan hasil belajar dan ketrampilan proses mahasiswa.
Kata kunci : Media Praktikum, Gerak Harmonik Sederhana, Hasil Belajar, Keterampilan Proses.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Nana, Sudjana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Rohman, Muhammad. ; Amri, Sofan. 2013. Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Hartati. 2010. Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia edisi 6 (128-132).
Refbacks
- There are currently no refbacks.