Profil Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mahasiswa Materi Dinamika Gerak Pada Mata Kuliah Fisika Dasar

Arifian Dimas, C Cari, A Suparmi, Sarwanto Sarwanto, Jeffry Handhika

Abstract

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu pengajar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan mahasiswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar materi dinamika gerak pada mata kuliah fisika dasar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sampel diambil terdiri dari 21 mahasiswa semester III pendidikan fisika IKIP PGRI Madiun dan 21 mahasiswa semester III jurusan fisika Universitas Sebelas Maret, yang mana telah menempuh  mata kuliah fisika dasar. Data yang dikumpulkan berupa angket terbuka tentang analisis kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar materi dinamika gerak pada mata kuliah fisika dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan masih berupa buku. Mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami bahan ajar yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, mahasiswa membutuhkan bahan ajar berupa modul elektronik berbasis langkah pembelajaran memprediksi, mengamati, menggambarkan dan mengomunikasikan untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi dinamika gerak.

 

Kata kunci : Analisis kebutuhan, Bahan ajar, Dinamika Gerak

Full Text:

PDF

References

Arlitasari, O., Pujayanto, Budiharti, R., (2013), Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Dengan Tema Biomassa Sumber Energi Alternative Terbarukan, Jurnal Pendidikan Fisika1 (11):82

Asep H. Hermawan, dkk. 2008. Pengembangan Kurikiulum dan Pembelajaran .Jakarta: Universitas Terbuka.

Dimas, A (2015). Analisis Konsepsi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Presentasi Soal Model Statis-Dinamis Pokok Bahasan Kinematika Dan Dinamika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika IKIP PGRI MADIUN

Gedler, B. M. E. 1986. Learning and instruction. Theory in to Practice. New york: Macmillan Publising Company

Handhika, J., Cari, Suparmi & Sunarno, W. (2015b). Student Conception and Perception of Newton’s Law. Proceedings of International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education. AIP Conference Proceeding.

Muhaimin.H, Sutiah Hj & Sugeng, L.Pn (2008) Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Sekolah & Madrasah. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press

Schunk, Dale.H. (2010). Motivation in Education, Theory, Research and Applications. New Jersey: Pearson Education, Upper Sadle River

Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan tinggi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.