Karakteristik Lindi dari Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Air Dingin, Kota Padang, Sumatera Barat

Afdal Afdal, Resti Nanda Sari

Abstract

Karakterisasi lindi dari Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Air Dingin, Kota Padang, Sumatera Barat telah dilakukan. Sampel diambil pada 6 titik, yaitu 1 titik sebelum kolam kendali, 2 titik  pada kolam kendali, dan 2 titik setelah kolam kendali, dan 1 titik pada badan sungai. Karakteristik lindi yang diukur adalah pH, temperatur, konduktivitas listrik, padatan terlarut total (TDS), dan kandungan logam berat Pb, Cu, dan Fe. Pengukuran pH, temperatur, konduktivitas listrik dilakukan langsung di lokasi masing-masing dengan pH meter, termometer, dan conductivity meter. Pengukuran konsentrasi logam berat dilakukan dengan alat Atomic Absorption Spectroscopy (AAS), dan pengukuran nilai TDS dilakukan dengan metode gravimetry di laboratorium. Sampel air lindi yang keluar dari tempat pembuangan sampah yang diambil sebelum memasuki kolam kendali memiliki nilai konsentrasi logam berat Pb (1,309 mg/l) dan Cu (1,083 mg/l) telah melebihi batas baku mutu air limbah.  Nilai TDS (1893,3 mg/L) melebihi standar badan air tipe A. Sementara konsentrasi logam  Fe (2,549 mg/l), nilai pH (7,4), dan temperatur  (30,2 oC)  masih di dalam atau di bawah batas baku mutu. Untuk sampel lindi yang diambil setelah kolam kendali, nilai konsentrasi logam berat Pb (1,649 mg/l) dan Cu (1,167 mg/l), dan nilai TDS (2173,3 mg/L) telah melebihi batas baku mutu air limbah. Sementara konsentrasi logam  Fe (2,927 mg/l), nilai pH (7,7), dan temperatur  (29,0 oC)  masih di dalam atau di bawah batas baku mutu.  Kolam kendali pengolahan lindi di TPA sudah tidak berfungsi dengan baik dimana nilai kandungan ketiga logam berat  dan TDS justru mengalami kenaikan setelah melalui proses pada kolam kendali.

 

Kata kunci : lindi, TPA, TDS, dan kandungan logam berat

Full Text:

PDF

References

Al-Wabel, M. I., Al Yehya, W. I., Al-Farraj, S. E, dan El-Maghraby, 2011,Characteristic of Landfill Leachates and Bio-Solids of Municipal Solid Waste (MSW) in Riyadh City Saudi Arabia, Journal of the Saudi Society of Agricultural Sciences, Vol. 10, Hal. 65-70.

Damanhuri, E., 2006, Teknologi dan Pengelolaan Sampah Kota di Indonesia. Workshop Nasional Biokonversi Limbah, 11-12 April. Malang, Indonesia.

Lo, I. M. C., 1996, Characteristic and Treatment of Leachate from Domestis Landfill, Environment International, 22:433-442

Radzuan, N.Z.M., 2005, Characteristic of Leachate at the Air Hitam Sanitary Landfill in Puchong, Selangor, Geological Society of Malaysia Bulletin 51, June 2005 p.41-46.

Reinhart, D.R. & Grosh, C.J., 1998, Analysis of Florida MSW Landfill Leachate Quality. Final Report, University of Central Florida.

Susanto P. J, Ganefati P. S, Muryani S, Istiqomah H. S., 2004. Pengolahan Lindi (Leachate) dari TPA dengan Menggunakan Sistem Koagulasi – Biofilter Anaerobic. Jurnal Tek.Ling - P3TL – BPPT Vol. 5, Hal. 167 – 173.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.