Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan LMS (Google Classroom Dan Quiper) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gerak Harmonis Siswa Kelas X MIPA 2 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2019/ 2020

Bangun Sartono

Abstract

Abstract: The objectives of this study were: 1) to describe the online learning process (on line) in the physics subject by applying the use of the google classroom and quiper learning management system (LMS), 2) to describe the improvement of learning outcomes in physics. This research was conducted using classroom action research which was designed through two cycles with procedures for planning, implementing actions, observing, and reflecting in each cycle. This research activity was carried out in the even semester of the 2019/2020 school year, with the research subjects of class X MIPA 2 semester 2 SMA N 1 Ngemplak in the 2019/2020 school year. The data needed in this study were obtained through test and non-test techniques. The non-test technique is in the form of direct observation / observation of students when on line learning activities take place both in the first cycle and the second cycle, using the assessment instruments that have been provided. While the test technique is in the form of an on line test which is carried out after each cycle ends. From the results of research on learning activities in the network (online / on line) that have been carried out for two cycles and based on all the discussions and analyzes that have been carried out, it can be concluded that: The application of online learning using the Learning Management System (Google Classroom and Quiper) can improve the results. learning physics in the material of harmonious motion for students of class X MIPA 2 even semester SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali in the academic year 2019/2020. The average value of students in cycle I increased by 10.51 or 17.37%, from 60.51 to 71, 02, and increased again in cycle II of 15.38 or 25.42%, namely 71.02 to 75.90, and included in the good category

Tujuan penelitian ini adalah : 1) mendeskripsi proses pembelajaran daring (on line) mata pelajaran Fisika dengan menerapkan penggunaan LMS (learning management system) google classroom dan quiper, 2) mendeskripsi peningkatan hasil belajar Fisika. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang melalui dua siklus dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi dalam tiap-tiap siklus. Kegiatan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020, dengan subyek penelitian siswa kelas X MIPA 2 semester 2 SMA N 1 Ngemplak tahun pelajaran 2019/2020. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik tes dan non tes. Teknik non tes berupa observasi/ pengamatan langsung pada siswa saat kegiatan pembelajaran on line berlangsung baik pada siklus pertama maupun siklus kedua, dengan menggunakan instrumen penilaian yang telah disediakan. Sedangkan teknik tes berupa tes on line yang dilakukan setelah tiap-tiap siklus berakhir. Dari hasil penelitian kegiatan pembelajaran dalam jaringan ( daring/on line) yang telah dilakukan selama dua siklus dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa : Penerapan  pembelajaran daring menggunaan Learning Management System (google classroom dan quiper) dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada materi gerak harmonis siswa kelas X MIPA  2 semester genap SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2019/ 2020. Nilai rata-rata siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 10,51  atau 17,37%  yaitu dari 60,51  menjadi 71, 02, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II sebesar 15,38 atau 25,42% yaitu 71,02  menjadi 75,90, dan termasuk dalam kategori baik.

Keywords

Pembelajaran Daring, Learning Manajemen System, Pembelajaran Fisika, dan Gerak Harmonis

Full Text:

PDF

References

Djamarah, Bahri, Syaiful, 2000, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta : PT Rineke Cipta

Hamalik, Oemar, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta :Bumi Aksara

Ibrahim, Muslimin, dkk, 2000,Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Kasdi, S. Dan Muhammad Nur, 2000,Pengajaran Langsung. Surabaya: University Press.

Muntasir, Saleh, 1985, Pembelajaran Terprogram, Yogyakarta: Karya Anda

Muntasir, Saleh, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:PT Rineke Cipta.

Nana Sudjana, Ahmad, 1991, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.

Sartono, Bangun, 2019, Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Materi Fluida Pada Siswa Kelas Xi Mipa 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019, Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya).

Sartono, Bangun, dkk, 2014, Karakterisasi Kelistrikan Kaca 60TeO2-(30-x)ZnO-x Na2 CO3 yang Dikristalkan Sebagian, Prosiding Mathematics And Sciences Forum .

Sartono, Bangun, 2017, Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Materi Gerak Rotasi Dan Kesetimbangan Benda Tegar Pada Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018, Jurnal WESRIQAD (Jurnal Kependidian).

Semiawan Cony, 1990. Pendekatan Prestasi belajar Proses, Jakarta: PT Gramedia

Subyantoro,2009, Penelitian Tindakan Kelas, Semarang: CV.Widya Karya.

Supardi, Suharjono. 2011.Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta : Andi Offset.

Sudjana, Nana.1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2007,Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Warji dan Ischak, 1987. Program Remedial dalam Proses Belajar Mengajar : Jakarta : Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.