STRATEGI BERPIKIR HIPOTETIKAL DEDUKTIF DENGAN PHET SIMULATIONS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA

Nurmutmainna Ramadoan, Dwi Suisworo, Ishafit Jauhari

Abstract

Abstract: Deductive hypothetical thinking strategy is learning that contains an explanation of the principles of the content of the lesson explained in the form of the application of things that are general in matters that are specific. In deductive hypothetical thinking, students are required to be more critical in accepting and understanding what they have learned and experienced themselves in the 21st century.  In the 21st century learning,   using PhET simulations learning media to understand physics learning is better and more interesting. This study aims to determine the differences in deductive hypothetical thinking strategies with PhET simulations on critical thinking skills compared to conventional learning in Work and Energy subject. This research method is using quasi-experiment, randomized control group pre-test and post-test that is a researcher who has a randomized design with initial tests before learning and final test after learning. The subjects of this study were 10th grade level of  SMAN  1 Soromandi, where the 10th grade level of MIPA1 was the experiment group with the number of students as much as 26 and 10th grade level of MIPA2 as the control group with the number of students as much as 23. The results of this study concluded that there were differences between experimental groups and control groups, deductive hypothetical thinking is more effective than conventional learning on business and energy material at SMAN 1 Soromandi.

Abstrak: Strategi berpikir  hipotetikal  deduktif  adalah suatu pembelajaran  yang  berisi  penjelasan  tentang  prinsip-prinsip isi pelajaran yang dijelaskan  dalam  bentuk  penerapan  hal-hal  yang  bersifat umum pada hal-hal yang bersifat khusus. Pada berpikir hipotetikal dedukif  peserta didik dituntut lebih kritis dalam menerima dan memahami apa yang mereka pelajari dan alami sendiri dalam  pembelajaran di abad ke-21 pada kurikulum K13. Dalam pembelajaran abad ke-21 untuk lebih memahami pembelajaran fisika lebih menarik mengunakan media pembelajaran PhET simulations. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan strategi berpikir hipotetikal deduktif dengan PhET Simulations terhadap keterampilan berpikir kritis dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika materi Usaha dan Energi. Metode penelitian ini adalah menggunakan quasi esperiment, randomized control group pre-test dan post-test yaitu suatu penelitian yang memiliki rancangan secara acak  dengan  tes awal sebelum pembelajaran dan tes akhir sesudah pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah kelas X SMAN I Soromandi, dimana kelas X1 Mipa sebagai kelas eksperimen  dengan jumlah peserta didik sebanyak 26 dan kelas X2 Mipa sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 23. Hasil penelitian ini menyimpulkan ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan menggunakan berpikir hipotetikal deduktif lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional pada materi usaha dan energi di SMAN I Soromandi.

Keywords

Strategi; belajar; berpikir hipotetikal deduktif; berpikir kritis; PhET simulations

Full Text:

PDF

References

Anam dan Purwanto. 2015. Evektivitas Pembelajaran Berbasis Metakognisis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Fisika Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains 5(1), 285-294.

Anthony. 2016. Association of American Law Schools Southwestern Law School. Journal of Legal Education 34 (4), 612-618.

Ariani, Hartono dan Hiltrimartin. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika menggunakan Strategi Abduktif - Deduktif di SMA Negeri 1 Indralayu Utara. Jurnal Elemen Pendidikan Matematika 3(1), 16-20.

Arikunto. 2014. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Cavdar dan Doe Sue. 2014. Learning through Writing Teaching Critical Thinking Skills in Writing Assignments: Colorado State University.

Charles Kivunja. 2014. Century Skills Change pedagogjes A pedagoqical paradiqm shift from Vygotyskyian social Conctructivim to critical Thinking Problem soving and siemend digital Connectivm.

Dwyer, Hogan and Stewart . 2014. An Integrated Critical Thinking Frame Work For the 21 st Century. Thinking and Creativity12(1), 43-52.

Emmannel, Lily, Esther, Fortress, Ayinuda. 2017. The Role of GSP in Devoloping critical Thinking Skills In Students in Nigerian Universities International. Jurnal Of Educational investigation4 (4), 19-31.

Fadilah, Abdul dan Ahmad. 2015. Pengaruh Model Berpikir Siklus Belajar Hipotetikal Pinrang. Jurnal Sains dan pendidikan Fisika 11(1), 49-56. deduktif terhadap Keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 4.

Hariyanto. 2016. Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Paket Program Simulasi PhET Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal pendidikan dan kebudayaan 1(3), 365-386.

Ismayati, Q.D dan Ishafit. 2016. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif Siswa kelas X SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Materi Perubahan Wujud Zat dengan Pengembangan modul pembelajaran Fisika Menggunakan pendekatan Lingkungan. Prosiding SPFA (hlm 51-55). Universitas Ahmad Dahlan.

Jeniffer S. R, Bretel, Dolipas, Brendo, Vildamor. 2013. Higher Order Thinking Skills And Academic Performance In Physics of College Students A Regression Analysis. International Journal Of Innovative Interdisciplinary Research4(1), 48-60.

Kondakci, E.U dan Aydin, Y.C. 2013. Predicting Critical Thinking Skills of University Students Through Metacognitive Self- Regulation Skills and Chemistry Self- Efficacy. Educational Sciences : Theory dan Practice 13(1), 77- 88.

Lawson, A.E. 2014. Allchin’s Shoehorn or Why Science Is Hypothetica- deductive.Science and Education 12 (2), 331-337.

Mariam Ar.R. 2017. Inductive - Deductive Approach to improve Mathematical Problem Solving for Juniore High School. Journal of Physic 1(1), 1-6.

Muhammad dan Mulyaningsih . 2014. Penerapan Pembelajaran Fisika Pada materi Cahaya dengan Media PhET Simulations Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMPN 7 Bojonegoro. Jurnal Inovasi Pendidikan 3 (4), 65-72.

Nevy N. H, Wiyanto dan Achmad. 2017. Analisis Kemampuan berpikir deduksi hipotesis terhadap pemahaman konsep rangkaian resistor pada listrik arus searah. Physics communication 1(1), 35-42.

Noviani, Hartono dan Rusilowati. 2017. Analisi Pola Pikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal sains Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan kreatif serta Literasi Sains. Journal Of Innovative Science Education 6(2), 148-156.

Perkins, Adams, Dubson, Finkelstein, N. S and Wieman. 2013. PhET Interactive Simulations for Teaching and Learning Physics. The Physics Teacher 44 (8),18- 22.

Puspita et. 2017. Analysis of Critical Thinking Skillsa on The Topic of Static Fluid. Journal of physics.Conference Series Journal of Physics 1(1), 1-4.

Rantika dan Budi. 2017. Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PhET Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya 2(4) 174-175.

Rochim, Sudarisman dan Suparmi. 2014. Pembelajaran Biologi Model Siklus Belajar Hipotetikal Deduktif dengan Media Rill dan Media Virtual ditinjau dari kemampuan Penalaran Analitis dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan 1 (2), 6-10.

Stobaugh,R. 2013.AssessingCriticalThinkinginMiddle and High SchoolsMeeting theCommon Core. New York , Taylor and Francis Group.

Suciati Ayu, Putu A, Gan S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetikal Deduktif dengan Setting 7E Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa SMP. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 4 (2), 8-14.

Sudarma, 2013. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Grafindo Persada.

Sulisworo. 2016. The Contribution of the Education System Quality to Improve the Nation’s Competitiveness of Indonesia. Journal of education and Learning 10(2). 127- 138.

Sulisworo, Nasir dan Maryani. (2017). Identification of teachers’ problems in Indonesia on facing global community. International Journal of research Studies in Education 6(2), 81-90.

Wiratna, Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian. Yogjakarta : Pustaka Barupres.

Yen dan Halili. 2015. Effective Teaching Higher Orde Thinking (HOT) in Education. The Online Journal of Distance Education and E-Learning 3(2), 41-47.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.