Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Kombinasi Warna Berbasis Mikrokontroler dengan Visualisasi Desktop

Muhammad Yasir Bintang Nugraha, Rudi Susanto, Afu Ichsan Pradana

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to create a learning media for color combination recognition that serves to help introduce colors and color combinations to the students of Al-Amin 3 Cemani Kindergarten. The stages of developing this color combination application consist of analysis, design, manufacture and testing. This learning media work system uses the Arduino Uno R3 (ATMEGA328) as a data processing center, TCS230 sensors as data input media. The data from Arduino Uno R3 processing results is displayed via RGB LED and a Visual Basic 2012-based desktop application. In the desktop application, the data input for color 1 and color 2 is processed through the combination button found in the application to combine color 1 and color 2. Overall test results, media learning color recognition and color combinations can work well in combining colors according to Munsell's Color Theory.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatu media pembelajaran pengenalan kombinasi warna yang berfungsi untuk membantu mengenalkan tentang warna dan kombinasi warna pada siswa TK Al-Amin 3 Cemani. Tahapan pengembangan aplikasi kombinasi warna ini terdiri dari analisis, perancangan, pembuatan dan pengujian Sistem kerja media pembelajaran ini menggunakan Arduino Uno R3 (ATMEGA328) sebagai pusat pengolahan data, sensor TCS230 sebagai media input datanya. Data hasil pemrosesan Arduino Uno R3 ditampilkan melalui RGB LED dan aplikasi desktop berbasis Visual Basic 2012.  Pada aplikasi desktop data input warna 1 dan warna 2 diolah melalui tombol kombinasi yang terdapat pada aplikasi untuk mengkombinasikan warna 1 dan warna 2. Hasil pengujian secara keseluruhan, media pembelajaran pengenalan warna dan kombinasi warna sudah dapat bekerja dengan baik dalam mengkombinasikan warna sesuai dengan Teori Warna Munsell

Keywords

Kombinasi Warna, Media pembelajaran, Arduino Uno, Visual Basic

Full Text:

PDF

References

Cochrane, Sally (2014) The Munsell Color System: A scientific compromise from the world of art. Studies in History and Philosophy of Science 47, 26-41

Grindal, T., Bowne, J.B., Yoshikawa, H., Schindler, H.S., Duncan, G.J., Magnuson, K. & Shonkoff, J.P. (2016). The added impact of parenting education in early childhood education programs: A meta-analysis, Children and Youth Services Review

Holis, Ade. (2016). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 09; No. 01

Muliani , N.M., Gading,I. K., Mahadewi, L.P.P. (2017). Pengaruh Metode Discovery Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Taman Kanak-Kanak. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5. No. 1

Nofitasari, A.D., Maryani, I. (2018). Efektifitas Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Di Kelas A TK ABA Tobayan Sleman. Jurnal Pendidikan:Early Childhood Vol. 2 No. 1

Resita, D.R.A, I. K. Jakti; Mita Purbasari (2011) Teori Yang Memperkuat Kebutuhan Penamaan Warna Untuk Buku Khazana Warna. HUMANIORA Vol.2 No.2 Oktober 2011: 1474-1482

Suciati, D.A.K.G., Suarni, N.K., Ujianti, P.R. (2016). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Berbasis Teori Lokomosi Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4. No. 2

Yogananti, A. F (2015) Pengaruh Psikologi Kombinasi Warna Dalam Website. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia. Vol.01 No.01

Refbacks

  • There are currently no refbacks.