Pola Asuh Orang Tua Toxic Parents Pada Anak Di Youtube In Middle Of The Blackhole (Kajian Semantik Dan Pragmatik)

Sufiatun Sufiatun

Abstract

Abstract: Toxic parents are the behavior of parents who always restrain and verbally and nonverbally hurt children, indirectly parents will make the distance with children not harmonious. This study aims to analyze the contextual meaning, context of speech acts and speech act processes in videos on youtube in the middle of the blackhole. The theory used is pragmatic linguistics, especially contextual meaning. The method used is a descriptive qualitative research method. This study shows the existence of toxic parents meaning in every utterance spoken to children without thinking about the impact of their words. Contextually, parenting patterns that are too demanding of children will feel pressured and lack of concern for the child's wishes, because parents always say words that can hurt the child's heart and feelings and compare the child's abilities with his siblings so that it will traumatize the child.

Abstrak: Toxic parents merupakan tingkah laku orang tua yang selalu mengekang dan secara verbal dan nonverbal menyakiti anak, secara tidak langsung orang tua akan membuat jarak dengan anak menjadi tidak harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis makna kontekstual, konteks tindak tutur dan proses tindak tutur dalam video pada youtube in middle of the blackhole. Teori yang digunakan linguistik pragmatik khususnya makna kontekstual. Metode yang digunakan berupa metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menujukkan adanya toxic parents (orang tua beracun) makna pada setiap ujaran yang dituturkan pada anak tanpa memikirkan dampak dari ujaranya. Secara kontekstual pola asuh orang tua yang terlalu menuntut anak akan merasa tertekan dan tidak adanya kepeduliannya terhadap keinginan anak, karena orang tua selalu menuturkan kata-kata yang dapat menyakiti hati dan perasaan anak dan membadingkan kemampuan anak dengan saudaranya sehingga akan memberikan trauma pada anak.


Keywords

Toxic parents; contextual meaning; speech act; context

Full Text:

PDF

References

Saifullah. Aceng R. 2018. Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Pateda. Mansur. 2010. Semantik Leksikal. Jakarta: PT Rineka Cipta

Moleong. Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian. Bandung: Elfabeta.

Saskara Adi P.I dan Ulio. 2020. Peran Komunikasi Keluarga Dalam Mengatasi “Toxic Parents” Bagi Kesehatan Mental Anak. Vol. 5, No.2. Oktober 2020. ISSN 2615-8396 Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Carelina. Shelfira dan Suherman Maman. 2020. Makna Toxic Parents di Kalangan Remaja Kabaret SMAN 10 Bandung. Vol. 6. No 2. Tahun 2020. ISSN 2460-6510.

Sunarty, Kustiah. 2015. Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.