Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk pada Media Online: Teks IklanLayanan Kesehatan Masyarakat tentang Covid-19
Abstract
Abstract: This study is a qualitative research in the field of linguistic studies. The purpose of this study is to analyze Public Service Advertisements (PSA) carried out by the government for promotional activities of a recommendation through online media advertisements to the public about Covid-19. The research focuses on the meaning contained in online media: PSA text which includes setting, details, intent and perception. This study uses reference to the theory of critical discourse analysis of TeunA. Van Dijk to analyze several phenomena, elaborating them into a single unit so as to reveal a meaning in the discourse. Researchers are interested in critiquing ILM photos in terms of meaning as a data source. since the beginning of the pandemic until now on the Ministry of Health website. Data analysis techniques are grouping relevant loops. The results are documenting PSAs on health protocols, washing hands, wearing masks, social distancing and prevention of the covid-19 virus. Data reduction is choosing relevant data that there is an online media for the Ministry of Health Promkes. The result is that PSAs become an object of knowledge, the purpose of the advertisement is as an appeal, the content of the language advertisement is very balanced in facilitating public understanding in interpreting it. fsir and broad, alternative alignments in the development of PSAs in online media, strengthen the background content for community engagement, detailing the meaning that contains ways and perceptions that contain the impact of the importance of implementing health protocols.
Abstrak: Penelitian ini yaitu Penelitian kualitatif dalam bidang kajian linguistik.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Iklan layanan masyarakat (ILM) dilaksanakan oleh pemerintah untuk aktivitas promosi sebuah anjuran lewat iklan media online pada masyarakat tentang Covid-19. Penelitian berfokus pada makna yang terkandung dalam media online: teks ILM yang meliputi latar, detail, maksud dan peranggapan. Penelitian ini menggunakan merujuk pada terori analisis wacana kritis TeunA.VanDijkuntuk menganalisabeberapafenomena, mengelaborasi menjadi satu kesatuan sehingga mengungkapkan suatu makna dalam wacana.Peneliti tertarik untuk mengkritisi foto ILM ditinjau dari segi makna sebagai sumber data.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dari flyers e-benner sejak awal pandemi sampai saat ini yang ada dilaman Kemenkes.Teknik analisis data yaitu mengelompokkan ikalan yang relevan.Hasil yaitu mendokumentasi ILM tentang protokol kesehatan, mencucui tangan, memakai masker, sosial distancing dan pencegahan virus covid-19.Reduksi data yaitu memilih data relevan yang ada media online Promkes Kemenkes.Hasilnya bahwa ILM menjadi satu objek pengetahuan, tujuan iklan tersebut sebagai himbauan, Konten dari iklan bahasanya sangat berimbang dalam mempermudah pemahaman masyarakat dalam memaknainya.Kesimpulan diperoleh semua iklan yang relevan dalam laman Kemenkes mengandung makna yang multi tafsir dan luas, alternatif penyelarasan dalam pengembangan ILM di media online, menguatkan isi latar untuk himbawan masyarakat, mendetailkan makna yang berisi cara dan peranggapan yang mengandung dampak dari pentingnya penerapan Protokol kesehatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, S., Kristina, D. and Sumarlam, S., 2017. The Politeness Of Assertive Speech Acts: Synergizing The Linguistic Politeness Devices In Conflict Resolution Communication. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 11(1): 22-35.
Anggraini, Y., Prasetyaningsih, S. and Antoni, C., 2019. Analisis dan Implementasi Motion Grafis Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dengan Metode Semiotika Peirce. EKSPRESI DAN PERSEPSI: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 1(01).
Astuti, S.P., 2017. Persuasi dalam Wacana Iklan. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(1): 38-45.
Dhofir, R., 2013. Analisis Wacana Iklan Layanan Masyarakat Instansi Kepolisian Analisis Wacana Iklan Layanan Masyarakat Instansi Kepolisian.
Farid, M., 2020. Kebijakan Politik Presiden Jokowi Terhadap Masalah Kewarganeraan dalam Merespons Isu Global: Studi Kasus Covid-19. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(1): 1-12.
Fatni, C.I.A.D., Sudiana, I.N. and Martha, I.N., 2015. Analisis Wacana Iklan Layanan Masyarakat Satuan Lalu Lintas Polres Buleleng di Singaraja: Kajian Wacana Kritis Norman Fairclough. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).
Humaira, H.W., 2018. Analisis Wacana Kritis (Awk) Model Teun A. Van Dijk Pada Pemberitaan Surat Kabar Republika. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 2(1): 32-40.
Rahmatika, L. and Wahyudi, A.B., 2020. Netizens’ Responses towards the Covid-19 Pandemic Text: A Study of Speech Acts and Their Contents. Journal of Pragmatics Research, 2(2): 177-200.
Silaswati, D., 2019. Analisis Wacana Kritis Dalam Pengkajian Wacana. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1): 1-10.
Sugiyono, S., 2010. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sumarlam, M., 2003. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.
Susanti, Y., Oktaviani, U.D. and Suryadi, T., 2021. Eksistensi Bahasa Melayu Sintang pada Media Spanduk dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sintang (Kajian Etnolinguistik). BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1): 119-134.
Suwardi, I., Setyonegoro, A. and Priyanto, P., 2019. Pengembangan Materi Wacana Iklan Layanan Masyarakat Mata Kuliah Wacana di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2): 90-100.
Yunita Anggraini, D., 2020. Analisis Unsur Pembentuk Iklan Layanan Masyarakat Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Iklan Di Kelas Viii Smp Negeri 30 Muaro Jambi. Jurnal Analisis Unsur Pembentuk Iklan Layanan Masyarakat Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Iklan Di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.