Penggunaan Aplikasi Kulino dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

Rahmanti Asmarani, Sri Oemiati

Abstract

Abstract:  The implementation of the Work From Home (WFH) program during the New Normal period has made teaching and learning activities at all levels of education have changed.  Previous classes require face-to-face then it turns into learning with an online system. It should be done so that teaching and learning activities run well even during the WFH period. Various kinds of online applications/ system are starting to be used by teachers from kindergarten to college levels. One of them is “Kulino”. Kulino application is online teaching system implemented at Dian Nuswantoro University Semarang. The use of the system during the pandemic is not only in the implementation of online classes, but also in Mid term test, and Final test. The changes in the learning system from face-to-face to online classes using the Kulino application can be said to cause a lot of turmoil, both among lecturers and students. The method used for data collection is a questionnaire sent to the respondents. Based on the results of the use of kulino, it can be concluded that the use of the kulino application has positive and negative impacts for both lecturers and students. One of the positive impacts is that it is enough for both lecturers and students to carry out teaching and learning activities from home.

Abstrak: Masih diberlakukannya program Work From Home (WFH) pada masa New Normal, membuat aktifitas belajar mengajar di semua jenjang pendidikan pun mengalami perubahan, dari yang sebelumnya mengharuskan tatap muka di kelas menjadi pembelajaran dengan sistem daring/online. Hal tersebut dilakukan agar aktifitas belajar mengajar tetap berjalan dengan baik meskipun dalam masa WFH. Berbagai macam aplikasi kuliah online yang ada mulai dipergunakan oleh para pengajar dari jenjang taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Salah satunya yaitu aplikasi Kulino. Aplikasi Kulino diterapkan di Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Penggunaan aplikasi Kulino selama wfh ini bukan hanya dalam pelaksanaan perkuliahan saja, namun dalam pelaksanaan ujian baik UTS, UAS dan ujian skripsi pun memanfaatkan aplikasi Kulino ini. Perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka ke perkuliahan online menggunakan aplikasi Kulino dapat dikatakan banyak menimbulkan gejolak, baik di kalangan dosen maupun mahasiswa. Metode yang dipakai untuk pengambilan data adalah kuesioner, yaitu menyebarkan angket kuesioner kepada responden. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap penggunaan kulino tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi kulino memiliki dampak positif dan negatif baik bagi dosen maupun mahasiswa. Salah satu dampak positif di antaranya, baik dosen maupun mahasiswa cukup melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah.

Keywords

WFH; Kulino; questionnaire; online

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, Abu dan Supriyono Widodo. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amir S, Hamzah.1981. Media Audio-Visual. Jakarta: Gramedia.

A. Tresna Sastra Wijaya, 1991, Pengembangan Program Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Bribeck, 2006, e-learning Strategy , London Publisher

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Eastrin, Judi. 2009. Closing the Inovation. Chicago: McGraw Hill.

Euis Karwati. (2014).Pengaruh Pembelajaran Elektronik terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Dipaparkan dalam Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No. 1, Juli 2014: 41-54

Mulyani Sumantri dan Johar Permana, 2001, Strategi Belajar Mengajar, CV Maulana, Bandung.

Rusyan T., Kusnidar A., Arifin Z., 1994, Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Saputro, Ferro Bayu dkk. 2017. Pengembangan Sistem Kuliah Online Universitas Diponegoro untuk Antar Muka Mahasiswa Pada Perangkat Bergerak Berbasis Android. Semarang: Transmisi

Soekamto T., dan Winatapura, 1994, Teori dan Model-Model Pembelajaran, Depdikbud, Jakarta

Suparman Atwi, 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Suryabrata, Sumadi. 1989. Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Andi Offset.

Syaripudin, Asep, dkk. T.t. Internet Sehat. Jakarta: Creative Common.

Yuniarti R, Rozmita Dewi, 2010. Potensi E-Learning Melalui Sistem Kuliah On-Line Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Prodi Tata Niaga Jurusan Pendidikan Ekonomi FPEB-UPI. Dipaparkan dalam Jurnal Manajerial Vol. 8 No.16, Januari 2010: 66-77

https://www.jurnal.id/id/blog/wfh-pengertian-dan-tipsnya/

https://qwords.com/blog/apa-itu-work-from-home/

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13014/Bekerja-dari-Rumah-Work-From-Home-Dari-Sudut-Pandang-Unit-Kepatuhan-Internal.html

Refbacks

  • There are currently no refbacks.