Analisis Tindak Tutur Dan Gaya Bahasa Repetisi Dalam Unggahan Istagram Alvi Syahrin

Nisha Fania Rahmi

Abstract

Abstrack: The research aims to describe types, forms, and intentions of speech act of motivational words uploaded by Alvi Syahrin’s on his Instagram account. Furthermore, the researcher would like to know the repetition that used by Alvi Syahrin on his sentences. Alvi Syahrin is a book writer, he uploads sentences which came from his book on his Instagram account. The sentences that he uploads are motivational words to encourage his followers about their problems in their daily life. The method used is descriptive qualitative, which is to describe the speech acts and language styles found in Alvi Syahrin's uploads on his Instagram account. The data source in this study is social media Instagram, while the data used in this study are photos that contains of motivational sentences uploaded by Alvi syahrin on Instagram on March 2021. The data collection technique used is the observation and note-taking technique. The results showed that speech acts locution mostly found is statements. Repetition that mostly used by Alvi Syahrin is Epizeuksis. This was done by Alvi Syahrin to emphasize the sentence he wrote so that readers could more easily understand the meaning of his upload.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana jenis, bentuk dan maksud tindak tutur lokusi dari kata-kata motivasi yang diunggah oleh akun Alvishrn di sosial media Instagram serta gaya bahasa repetisi yang digunakan dalam unggahannya. Alvi Syahrin adalah seorang penulis buku, dia sering menggunggah kalimat-kalimat dalam bukunya dalam bentuk foto kedalam akun instagram miliknya. Kata-kata yang diunggahnya merupakan kata-kata motivasi untuk memberikan semangat kepada pengikut akunnya terhadap masalah dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu untuk mendeskripsikan tindak tutur dan gaya bahasa yang terdapat pada unggahan Alvi syahrin di sosial media Instagram. Sumber data dalam penelitian ini adalah media sosial Instagram, sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah unggahan yang ada dalam akun Instagram Alvi Syahrin yang bertema ‘jika aku tak pernah’ pada bulan Maret 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Hasil penelitian menunjukan hasil tindak tutur yang ditemukan adalah tindak tutur lokusi yang banyak ditemukan adalah memberitahukan. Gaya bahasa repetisi yang banyak digunakan oleh Alvi Syahrin adalah Epizeuksis. Hal ini dilakukan oleh Alvi Syahrin untuk menekankan kalimat yang ia tulis agar pembaca dapat lebih mudah memahami maksud dari unggahannya.

Keywords

speech act; language style; Instagram; Alvi

Full Text:

PDF

References

Ratna, N. K. (2001). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. IJOLTL: Indonesian Journal of Language Teaching and Linguistics.

Sumarlam. (2019). Teknik dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.

Suhartono, & Yuniseffendri. (2014). Pragmatic. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Trigan, H. G. (1993). Prinsip-prinsip dasar sastra. Bandung: Angkasa.

Yule. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.