Makna Tekstual dan Kontekstual pada Wacana Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta

Theresia Pinaka Ratna Ning Hapsari

Abstract

Abstract: Anecdotal text is a funny and interesting story that is arranged based on the structure of a particular discourse that has a satirical meaning or criticism toward something. This study is a study of the analysis of textual and contextual meaning in anecdotal texts written by class X students of SMA Negeri 1 Surakarta. The purpose of this study is to describe the textual and contextual meaning of anecdotal texts by class X students of SMA Negeri 1 Surakarta. This study uses a content analysis approach and belongs to descriptive qualitative research type. The data of this research is an anecdotal text written by students of SMA Negeri 1 Surakarta. The analysis showed that the tenth-grade students of SMA Negeri 1 Surakarta had been able to write anecdotal texts according to the structure of the text namely abstraction, orientation, crisis, reaction, and code. Textual meaning is seen from grammatical aspects including reference, substitution, ellipsis, and conjunction, and lexical aspects include repetition, synonymy, antonym, collocation, hyponymy, and equivalence, and contextual meaning is seen from physical context, epistemic context, and social context.

Abstrak: Teks anekdot merupakan sebuah cerita yang lucu dan menarik yang disusun berdasarkan struktur wacana tertentu yang memiliki makna sindiran atau kritikan terhadap sesuatu. Penelitian ini adalah sebuah kajian mengenai analisis makna tekstual dan kontekstual dalam teks anekdot karangan siswa kelas X SMA Negeri 1 Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan makna tekstual dan kontekstual teks anekdot karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Surakarta  Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi dan berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah teks anekdot karangan siswa SMA Negeri 1 Surakarta. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Surakarta telah mampu menulis teks anekdot sesuai dengan struktur teks yakni abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. Makna tekstual terlihat dari aspek gramatikal meliputi referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi, serta aspek leksikal meliputi repetisi, sinonimi, antonimi, kolokasi, hiponimi, dan ekuivalensi, dan makna kontekstual terlihat dari konteks fisik, konteks epistemis, dan konteks sosial.

Keywords

teks anekdot; analisis wacana; makna tekstual; kontekstual

Full Text:

PDF

References

Alwi, Hasan dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Balai Pustaka: Jakarta.

Danandjaja, James. 1984. “Lelucon Politik sebagai Sublimasi Desas-Desus Mahasiswa dan Fungsinya bagi Folk Pendukungnya,” dalam Interaksi: Majalah Ilmu dan Budaya. Jakarta: Depdikbud, hal 23-27.

________. 1997. Folkor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain (Cetakan Kelima). Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

________. 1999a. Humor Asli Mahasiswa. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

________.1999c. Humor & Rumor Politik Masa Reformasi. Jakarta: Permata AD.

J.S Badudu. 2000. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013; Rasional, Kerangka Dasar,Struktur, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.

________. 2014. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.

Miles, Matthew B dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kuantitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Sumarlam, dkk. 2009. Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.

_____. 2003. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.

_____. 2006. Analisis Wacana Tekstual dan Kontekstual. Surakarta: Jurusan Sastra Daerah Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret

Sutopo. 1988. Pengantar Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Wachidah, S. 2004. Pembelajaran Teks Anekdot. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasiaonal Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah-Direktorat Pendidikan Lanjut Pertama.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.