Pengembangan Materi Ajar Berbicara Berbasis Web untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI di SMA

Nurchalistiani Budiana, Atikah Mumpuni

Abstract

Abstract: This study aims to develop web-based teaching teaching material on procedure text material and is effective in improving the speaking skills of class XI students. The research was carried out in May to August 2019. The form of research used was research and development (Research and Development). The design used in the research and development of teaching materials adopts the Borg and Gall design model. Data was collected from material expert assessments, student questionnaires, and speaking skills tests. This research was conducted at SMA Negeri 1 Wanasari Brebes. The researcher took class XI IPA 1, XI IPA 2, and XI IPA 3 as a control and experiment class. Data collection techniques were carried out through questionnaires for product validation and tests for field trials, while data analysis techniques were carried out through descriptive statistical techniques and t-tests for mean different tests through SPSS 16. The products produced in this research development were language teaching materials Indonesia for grade XI students which includes content, and assessment instruments with specifications: (1). Products developed with web-based, (2). Helping students improve their speaking skills, (3). The teaching material component developed is specifically for students of class XI high school in Indonesian subjects. From the results of data analysis through the t-test formula the results obtained (0.000) <0.05, so that there are cognitive differences between before and after students use teaching materials developed web-based with text material procedures for class XI students. So the development that has been done can improve the ability to speak.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar berbicara berbasis web pada materi teks prosedur dan efektif dalam meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa kelas XI. Pelaksanaan penelitian ini pada bulan Mei sampai dengan Agustus 2019. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development). Desain yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan bahan ajar ini mengadopsi dari model desain Borg and Gall. Data dikumpulkan dari penilaian ahli materi, angket siswa, dan tes kemampuan berbicara. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wanasari Brebes. Peneliti mengambil kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3 sebagai kelas control dan eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan lewat angket untuk validasi produk dan tes untuk uji coba di lapangan, sedang teknik analisis data dilakukan lewat teknik statistik deskriptif dan t-tes untuk uji beda mean lewat bantuan SPSS 16.  Produk   yang   dihasilkan   dalam   penelitian pengembangan   ini   adalah materi ajar bahasa Indonesia bagi siswa kelas XI yang meliputi konten isi materi, dan instrumen penilaian dengan spesifikasi: (1). Produk dikembangkan dengan berbasis web, (2). Membantu siswa meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara, (3). Komponen materi ajar yang dikembangkan dikhususkan untuk siswa kelas XI SMA pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil analisis data melalui rumus uji t-test didapat hasil    (0.000)  < 0.05,  sehingga terdapat perbedaan kognitif antara sebelum dan sesudah siswa menggunakan materi ajar yang dikembangkan berbasis web dengan materi teks prosedur siswa kelas XI. Maka pengembangan yang telah dilakukan mampu meningkatkan  kemampuan keterampilan berbicara.

Keywords

pengembangan materi ajar; pembelajaran berbasis web; berbicara

Full Text:

PDF

References

Burhan Nurgiantoro.2013.Penilaian Pembelajan Bahasa Berbasis Kompetensi.Yogyakarta: BPFE.

Gulo, W.2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2002. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar . Jakarta.

Kosasih, Engkos. 2013. Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Sukmadinata, Nana Syaodih.2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Sunwinarti & Suwito, D. 2016 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Mesin Kelas X di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4 (3), 21-27.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.