Perbandingan Kesalahan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Tuturan Lisan Mahasiswa BIPA Thailand di Universitas Negeri Malang

Ade Rikky Bongo, Asman Asman

Abstract

Abstract: This study aims to describe the comparison of errors in Indonesian vocabulary of BIPA Thailand students' oral speech at Universitas Negeri Malang. This research used case study research with a qualitative approach. The research subjects were two students from Thailand, Ni Ameenah Dereh and Ibrahem Jeh-ubong. The results showed that the Indonesian vocabulary errors of Ni Ameenah Dereh consist of (1) errors in pronunciation of vowel phonemes, (2) Errors in adding vowel phonemes, (3) mistakes in adding consonant phonemes, (4) errors in removing consonant phonemes, (5) errors in pronunciation of affixed words, and (6) pronunciation errors in reduplication of sound changes. Otherwise, Errors in mastering Indonesian vocabulary Ibrahem Jeh-ubong consist of (1) errors in vocal sound changes, (2) mistakes in consonant sounds, and (3) errors in pronunciation in reduplication of sound changes. The misused of Indonesian vocabulary is caused by (1) the influence of mother tongue, (2) neighborhood, (3) difficult material, and (4) lack of motivation. 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbandingan kesalahan kosakata bahasa Indonesia dalam tuturan lisan mahasiswa BIPA Thailand di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah dua mahasiswa asal Thailand, yaitu Ni Ameenah Dereh dan Ibrahem Jeh-ubong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbandingan kesalahan penguasaan kosakata bahasa Indonesia Ni Ameenah Dereh terdiri atas (1) kesalahan pelafalan fonem vokal, (2) Kesalahan penambahan fonem vokal, (3) kesalahan penambahan fonem konsonan, (4) kesalahan penghilangan fonem konsonan, (5) kesalahan pelafalan kata berafiksasi, dan (6) kesalahan pelafalan reduplikasi perubahan bunyi. Kesalahan penguasaan kosakata bahasa Indonesia Ibrahem Jeh-ubong terdiri atas (1) kesalahan perubahan bunyi vokal, (2) kesalahan perubahan bunyi konsonan, dan (3) kesalahan pelafalan reduplikasi perubahan bunyi. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan penggunaan kosakata bahasa Indonesia disebabkan oleh (1) pengaruh bahasa ibu, (2) lingkungan tempat tinggal, (3) materi yang sulit, dan (4) rendahnya motivasi belajar.

Keywords

Indonesian vocabulary; oral speech; BIPA Thailand

Full Text:

PDF

References

Brown, H.D. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kebudes USA (Person Education Inc.)

Efendy, Erfan. 2013. The Use of Games to Improve Vocabulary Mastery. JP3, 1(1), 78-84

Elviza, Yulia, Emidar, dan Novieria, Ena. 2013. Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Teknik Permainan Teka-Teki Silang di Kelas VII A SMPN 2 Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 469-476.

Robihim. 2008. Analisis Metode Belajar Kosakata. Jurnal Lingua Cultura, 2(2), 188-203

Saddhono, Kundharu. 2012. Kajian Sosiolinguistik Pemakaian Bahasa Mahasiswa Asing dalam Pembelajaran bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Universitas Sebelas Maret. Kajian Linguistik dan Sastra, 24(2), 176-186

Sutopo, H.B. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif: Metodologi Penelitian untuk Ilmu-Ilmu Sosial Budaya. Surakarta: Sebelas Maret University press

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press

Yahya. Muhammad, Andayani dan Saddhono K. 2018. Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kesalahan Diksi dalam Kalimat bahasa Indonesia Mahasiswa BIPA Level Akademik. Jurnal Kredo, 1(2), 53-70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.