Tindak Tutur Pelaku UMKM dalam Interaksi Sosial dengan Pembeli di Kabupaten Bangkalan sebagai Strategi Marketing

Eka Susylowati, Hapsari Puspita Rini, Fitriyatuz Zakiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur yang digunakan Pelaku UMKM dan pembeli dalam interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan pragmatis dan etnografi. Dilakukan di tiga wilayah yaitu: Kota Telang, Kamal, dan Bangkalan. datanya terdiri dari ucapan Pelaku UMKM dan pembeli.  Purposive sampling digunakan untuk menentukan sampelnya. Mereka terdiri dari 20 responden yang terdiri dari 12 konsumen dan 8 pelaku UMKM. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan pencatatan. Transkrip tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya (Spreadly, 1980). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur yang digunakan Pelaku UMKM dan pembeli meliputi asertif, deklaratif, direktif, komisif, dan ekspresif. Kontribusi penelitian untuk mempromosikan produk UMKM.

 

Keywords

tindak tutur; kesantunan; pelaku UMKM

Full Text:

PDF

References

Andriyani, Dian, A.A.A. (2019). Gradasi dan Pergeseran Strategi Kesantunan Berbahasa Pelaku Pariwisata Terhadap Wisatawan Jepang di Bali. Disertasi. Surakarta: UNS

Erika, A dan Tegar, S, Salimulloh (2022). Tindak Ilokusi dalam komentar juri American Idol dan Indonesian Idol: Kajian Pragmatik Lintas Budaya. Undas Vol 18, Nomor 2, Desember 2022: 189-205

Fatma, Joko H.P., Norliza J., Gautam K., & Taha I.B. (2020). Directive speech act in academic discourse: ethnography communication from gender perspective in higher education. Indonesian Journal of Learning and Advanced Education. 1(2). 27-46.

Lailiyah, N. (2023). Strategi Kesantunan Tindak Tutur Mengeluh pada Penyintas Covid-19 dengan Perspektif Latar Belakang Sosial (Kajian Sosiopragmatik Studi Kasus di Kota Kediri). Disertasi. Surakarta: UNS

Putri, J. J. D., Djatmika, & Nugroho, M. (2021). Jenis-jenis Tindak Tutur dalam Komentar Berilokusi Encouraging Juri Indonesian Idol Special Season. Prosiding Samasta, 440--452.

Saville-Troike, M. 2003. The Ethnography of communication: an introduction. UK. Blackwell Publishing Ltd.

Shasqia, M., & Anggraini, A. (2013). An investigation on how university students’ view on the lecturers’ usage of speech acts in elt context. Journal of Ultimate Research and trends in Education.1(2). 32-41.

Spradley, J.P. (2006). Metode etnografi (M.Z. Elizabeth, Trans.). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Spradley, J.P. (2016). The ethnographic interview.Illionis: WavelandPress, Inc.

Searle, J. R. (1969). Speech acts. Cambridge : Cambridge University Press.

Sarif, I., & Darmayanti, N. (2020). Tindak Tutur Bahasa Jepang pada Media Sosial Instagram di Masa Pandemi Covid-19: Suatu Kajian Pragmatik. Metahumaniora, 10(3), 285--294.

Suhartono. (2022). Tindak Tutur Impositif dan Realisasi Kesantunannya dalam Percakapan Dosen-Mahasiswa Pada Peristiwa Bimbingan Skripsi. Disertasi. Surakarta: UNS

Venkatesh, S, & Senthilkumar. 2015. The impact of advertising humor on the radio and print. Dalam jurnal internasional Ilmu Teknik dan Teknologi Inovatif (IJESIT) Volume 4, Edisi 2 maret 2015.

Yin, K. (2011). Qualitative research from start to finish. New York London: The Guilford Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.