Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning Berbantuan Canva terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada observasi bahwa peserta didik sering mengalami kesulitan dalam menulis teks anekdot yang menarik dan sesuai dengan struktur yang benar. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas X di SMAN 87 Jakarta. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sampel 34 peserta didik kelas X.C (kelas Eksperimen) dan 34 peserta didik kelas X.A (kelas kontrol). Berdasarkan Hasil posttest menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis teks anekdot pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Dilihat dari hasil uji perhitungan uji hipotesis (uji t) menggunakan SPSS versi 25 yang memperoleh nilai sig (tailed-2) sebesar 0,000 berarti nilai sig (tailed-2) 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada penerapan model pembelajaran Case Based Learning berbantuan canva terhadap keterampilan menulis teks anekdot.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arianto, Handika. (2020). Students’ Response to the Implementation of Case Based Learning (CBL) Based Hots in Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal. Vol.1 (1), 45-49
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daeng, Nurjamal. (2017). Terampil Berbahasa Menyusun Karya Tulis Akademik. Bandung: CV Afabeta. Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kosasih, Engkos. 2014.Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga. Kurniawati, Retno. 2019. Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Bahasa Indonesia. Jakarta: Graf Literature.
Maharani Sikumbang. 2022. Teks Anekdot. Medan: Guepedia. Miranti. 2020. Anekdot Superior. Bogor: Erlangga.
Munadi, Y. 2012. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press
Munirah. 2015. Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.
Nenta, Mamonto. 2021. Pengunaan Media Kahoot Dalam Penilaian Pembelajaran Mengevaluasi Struktur Dan Kebahasaan Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Suwawa. Jambura Journal of Lingustics and Literature. Vol.1. No. 4, h 10-11
Nurgiantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPPE-Yogyakarta.
Nurgiantoro, Burhan. 2016. Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press. Nurohmat. 2021. Visi Guru Penggerak. Lamongan: Kamila Press.
Pajrin, Mutiara. 2020. Pengaruh Berita Online ‘Detik.com’ terhadap Pembelajaran Membaca Fakta dan Opini Siswa Kelas XII MAN 21 Jakarta Semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal: Pendidikan Bahasa dan Sastra UIN Syarif Hidayatullah.
Riska, Damayanti. 2019. Development of Anecdote Text Module Based on Interctive Multimedia in State of Vocation High School 1 Batang Toru. Budapest International Reserch and Critics in Linguistics and Education (BirLE).Vol. 2. No. 2.
Simermata, Janner. 2019. Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Medan: Yayasan Kita Menulis
Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
Sobandi. 2021. Mandiri Mengasah Kemampuan diri Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiharsono, Rudy dan Hisbiyatul Hasnah. 2018. Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abdi. Sunarto NS. 2008. Menulis Yang Efektif. Jakarta: Sagung Seto.
Syarif, Erlina. 2019. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tarigan, Henry Guntur. 2019. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Tarigan, Henry Guntur. 2021. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa Bandung.
Taufiq, Rahman. 2018. Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang: CV Pilar Nusantara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.