Analisis Kemampuan Memahami Teks Iklan Peserta Didik ADHD di SMP Negeri 161 Jakarta

Indah Hapsari, Aida Sumardi

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia diperkenalkan  kepada  peserta  didik dengan tujuan  guna melatih mereka menguasai bahasa dengan cara mengungkapkan pikiran dan gagasannya secara kreatif dan   kritis.   Pembelajaran  bahasa  Indonesia   pada  dasarnya   adalah   mengajarkan   peserta   didik kemampuan  berbahasa  Indonesia  yang  baik  dan benar.  Pemebelajaran  bahasa berada  pada semua tingkatan pendidikan dan diujikan. Setiap pendidik memiliki pencapaian dalam setiap hasil pembelajaran untuk semua anak didiknya, tanpa terkecuali peserta didik dengan latar belakang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang dalam penelitian ini masuk dalam katagori ABK jenis Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) yang diukur kemampuannya dalam memahami mater pembelajaran teks iklan dengan menggunakan metode kualitatif yakni mengumpulkan data dengan observasi dan menuliskannya dengan penjabaran sesuai hasil. Penelitan tersebut bertujuan untuk mengetahui  sejauh mana peserta didik ADHD dalam memahami materi teks iklan dengan 4 kemampuan berbahasanya. Dari hasil penelitian dibuktikan bahwa peserta didik ADHD cukup dalam memahami materi teks iklan dilihat dari hasil kerja peserta didik ADHD yakni menjawab soal dan membuat iklan.

Keywords

Bahasa Indonesia; ABK; ADHD.

Full Text:

PDF

References

Dewi, Dyah A. R,. Dwi, R. S., & Dhika, P. (2020). Alih Kode Dan Campur Kode Pada Iklan di Akun Instagram Carubanid. Jurnal Ilmu Pembelajaran, 7(2).

Khair, Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa Dan Sastra (BASASTRA) di SD Dan MI. Jurnal AR- RIAYAH. Vol. 2. No. 1.

Putra, Thomas. 2022. Anak ADHD dan Cara Menanganinya. Victory Pustaka Media. D.I.Yogyakarta. Rahman, Taufiqur. (2017). Teks Dalam Kajian Struktur Dan Kebahasaan. Semarang. CV. Pilar Nusantara.

Sumardi, Aida. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VII-l SMP Dharma Karya Ut. Jurnal PenaLiterasi, 2(1).

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulhaq, Dhiya, Oding Supriyadi, dan Dian Hartati. 2021. Laras Bahasa Teks Iklan Produk Dan Jasa di Kota Jakarta Utara Sebagai Bahan Ajar Materi Teks Iklan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Tahun 2021. Jurnal Singaperbangsa. 9(2) September.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.