Pengaruh Model Pembelajaran Case Method Berbantuan Glide Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi

Anisatun Maspupah, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari peserta didik sulit memahami penulisan teks eksplanasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran case method berbantuan glide dan mengetahui besaran perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kota Tangerang Selatan pada kelas XI IPS 1 (kelas eksperimen) yang berjumlah 33 peserta didik, dan kelas XI IPS 2 (kelas  kontrol) yang  berjumlah  33  peserta  didik  pada  materi  teks eksplanasi. Instrumen  yang digunakan dalam pengumpulan data berupa posttest pada akhir pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji perhitungan uji hipotesis (uji t) menggunakan SPSS versi 23 yang memperoleh nilai sig (tailed-2) sebesar 0,000 berarti nilai sig (tailed-2) 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pembelajaran case method berbantuan glide terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi.

Keywords

Media pembelajaran; keterampilan menulis; teks eksplanasi.

Full Text:

PDF

References

Apriyani, Neng Nida. 2019. Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Filmstrips pada Siswa Kelas XI MAN 6 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Diksastrasia.

Fadhillah, D., & Hamsanah, H. S. 2019. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. Yogyakarta: Samudra Biru.

Fauzi, Asri. 2022. Implementasi Case Method (Pebelajaran Berbasis Pemecahan Kasus) Ditinjau Dari Kemampuan Kolaboratif Mahasiswa. Jurnal Eduscience.

Hodijah, S., Hastuti, D., & Zevaya, F. 2022. Implementasi Model Case Method dalam Meningkatkan Inovasi Pembelajaran Mahasiswa dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Teknik

Perdagangan Internasional. Jurnal Paradigma Ekonomika.

Kosasih. 2014. Jenis-jenis Teks dalam Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Larasati, F. M., & Sutiadiningsih, A. 2022. Pengembangan E-modul Berbasis Glideapps pada Materi Dasar Penggunaan Pisau Bagi Mahasiswa Tata Boga. Jurnal Tata Boga, 45-56

Rahmawati, Ariffudin, Latifah, & Soejanto. 2020. “Say no to coding”: Designing of mobile-app-based learning media using Glide apps. Journal of Physics: Conference Series.

Siddik, Mohammad. 2016. Dasar-dasar Menulis dan Penerapannya. Malang: TUNGGAL MANDIRI PUBLISHING.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Werdiningsih, D., Sunismi, & Wahyuni, S. 2021. Pembelajaran Aktif Dengan Case Method. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.