Analisis Wacana pada Media Massa Online Menurut Semiotika Roland Barthes dalam Berita di Instagram narasinewsroom

Fenti Mariska Yohana, Elfreda Valentina

Abstract

Fokus pada berita yang disajikan oleh akun Instagram Narasinewsroom saat membahas analisis wacana di media online dengan menggunakan perspektif semiotika Roland Barthes. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang bagaimana tanda-tanda yang ditemukan dalam berita online membentuk makna dan mempengaruhi persepsi audiens. Artikel ini menggunakan pendekatan Barthesian untuk melihat dua lapisan makna dalam berita online: denotasi dan konotasi. Denotasi mengacu pada makna literal dari teks, sementara konotasi mencakup makna tambahan yang terkait dengan ideologi dan prinsip budaya yang mungkin tertanam dalam wacana berita. Selain itu, artikel ini memeriksa bagaimana mitologi budaya, sebagai bagian dari semiotika Barthes, mempengaruhi narasi dan framing berita Instagram. Hasil analisis menunjukkan bahwa Narasinewsroom membuat makna dengan berbagai kode linguistik untuk membangun makna tertentu dan mempengaruhi audiensnya, sering kali memperkuat mitos budaya atau ideologi tertentu. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana media massa online, khususnya platform media sosial seperti   Instagram,   menggunakan semiotika untuk menyampaikan  berita  dan  membentuk  persepsi publik.

 

Keywords

Analisis Wacana; Roland Barthes; Media Online; Instagram.

Full Text:

PDF

References

Arasid, M. N., & Hapsari, R. (2019). Pemaknaan Ilustrasi Berita Infografis Pada Media Online : Analisis semiotika pada Instagram CNBC Indonesia. J-Ika, 6(2), 91–98. https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.6403

Dwi Fadhila, P., Almira, C., & Priatmana, A. (2022). Metode Penelitian Analisis Semiotik Media Sosial. Dakwatussifa: Journal of Da’wah and Communication, 1(2), 131–140. https://doi.org/10.56146/dakwatussifa.v1i2.56

Maisya, S. R., & Putri, K. Y. S. (2021). Konstruksi Makna Postingan Instagram @najwashihab Dalam Membangun Citra Diri (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Al Munir, 12(1), 75–87. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir/index

Marbun, L. F., & Girsang, L. R. (2019). Pemaknaan Perang Tanda Pagar ‘#’ Antar Dua Kubu Calon Presiden Indonesia 2019 di Media Sosial (Analisis Semiotika Peirce pada Sampul Majalah Tempo Edisi 04 Juni 2018). SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 13(1), 68–88. https://doi.org/10.30813/s:jk.v13i1.1790

Rahmawati, C. D., Hasan Busri, & Moh. Badrih. (2024). Makna Denotasi dan Konotasi Meme dalam Media Sosial Twitter: Kajian Semiotika Roland Barthes. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1244–1256. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3479

Silaswati, M.Pd., D. D. (2019). Analisis Wacana Kritis Dalam Pengkajian Wacana. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.124

Wirawanda, Y., & Arrasyid, K. H. (2021). Jurnalisme Konstruktif dalam Berita Varian Baru Covid-19 (Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Berita di Okezone.com). Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.37715/calathu.v3i1.1896

Yusyama, A. Y., & Khoirunnisa, R. (2021). Analisis Wacana Kritis Pada Media Massa Daring (Online) Bantennews.co.id Kolom Hukum Edisi Februari 2021. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), 15. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i1.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.