Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Mengalihwahanakan Hikayat Menjadi Cerpen

Maulidia Cica, Khaerunnisa Khaerunnisa2

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi penggunaan kata arkhais dalam hikayat yang membuat siswa kesulitan  dalam  memahami  memahami  isi  hikayat.  Penelitian ini bertujuan  untuk  mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan mengalihwahanakan hikayat menjadi cerpen.  Penelitian  ini  dilakukan di  SMK  Sirajul  Falah.  Adapun  metode  yang  digunakan  dalam penelitian  ini adalah  metode  kuantitatif  dengan  sampel  35  peserta  didik  kelas  OTKP  (kelas Eksperimen) dan 35 peserta didik kelas TKJT (kelas kontrol). Ditinjau dari segi hasil posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa kelas ekperimen memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji perhitungan uji hipotesis (uji t) menggunakan SPSS versi 22 yang memperoleh nilai sig (tailed-2) sebesar  0,000  berarti nilai  sig (tailed-2) 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan mengalihwahanakan hikayat menjadi cerita pendek.

 

Keywords

Model pembelajaran; pembelajaran berdiferensiasi; kemampuan alihwahana; teks hikayat; teks cerpen

Full Text:

PDF

References

Adetea, K., & Suseno. 2022. Abnormalitas Seksual dalam Cerpen Tak Ada Yang Gila di Kota Ini Karya Eka Kurniawan ke Film Pendek Tak Ada yang Gila di Kota Ini Karya Wregas Bhanuteja: Kajian Ekranisasi. Jurnal Sastra Indonesia, 11(2), 160–164. DOI: https://doi.org/10.15294/jsi.v11i2.54933

Ahyar, J. 2019. Apa Itu Sastra Jenis-Jenis Karya Sastra Dan Bagaimanakah Cara Menulis Dan Mengapresiasi Sastra. Yogyakarta: Deepublish.

Amalia, A. K., & I. Fadhilasari. 2022. Buku Ajar Sastra Indonesia. Bandung: PT Indonesia Emas Group.

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Defitriani, E. 2018. Differentiated Instruction: Apa, Mengapa Dan Bagaimana Penerapannya. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 111–120. DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v2i2.38

Eko, S. 2015. Mengenal Sastra Lama. Yogyakarta: C.V Andi.

Kristiani, H., E. I. Susanti, N. Purnamasari, M. Purba, M. Y. Saad dan Anggaeni. 2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi 2021.

Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif. Padang: CV Afifa Utama.

Moningka, C. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi Pra Jabatan Tahun 2022. Jakarta: Direktorat Pendidikan Profesi Guru Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Nurgiyantoro, B. (2016). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.

Nurhasanah, E. 2019. Kajian Alih Wahana Cerita Pendek “Dewi Amor” Karya Eka Kurniawan Ke Dalam Naskah Drama Pendekatan Psikologi Sastra. Prosiding Seminar Internasional Riksa Bahasa VIII. No. 2019: Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, h. 1731–1738.

Nurohmat. 2021. Visi Guru Penggerak. Lamongan: Kamila Press.

Peduk, R. 2022. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi. Purbalingga: Eurika Media Aksara. Purwowidodo, A. dan M. Zaini. 2023. Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherli, M. Suryaman, A. Septiaji dan Istiqomah. 2016. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.