Counter-Hegemony of Masculinity and Male Beauty Standard: Semiotic Analysis of Pantene Shampoo Advertisement Represented by Keanu
Abstract
Abstrak: Kemajuan teknologi dan media digital telah mengubah dunia periklanan, memungkinkan penargetan yang tepat dan keterlibatan pribadi, sehingga memengaruhi keputusan konsumen dan aktivitas ekonomi. Periklanan berfungsi baik sebagai promosi produk maupun pesan kemasyarakatan, yang berdampak pada nilai-nilai budaya dan norma- norma sosial, termasuk persepsi gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi representasi semiotik maskulinitas dalam iklan sampo Pantene yang diperankan oleh Keanu, sosok laki-laki dengan ciri-ciri yang secara tradisional dianggap feminin. Dengan menggambarkan Keanu dengan rambut panjang dan ekspresi emosional, iklan tersebut menantang standar maskulinitas dan kecantikan konvensional, serta mempromosikan definisi identitas laki-laki yang lebih inklusif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan terdiri dari data visual dari video YouTube. Penulis menggunakan teori Barthes (1972) tentang analisis semiotika yang digunakan untuk mengungkap lapisan ideologi dan mitis dalam iklan. Konsep teori ini memberikan kedalaman makna melalui denotasi, konotasi dan mitos, menyoroti pergeseran media periklanan ke arah representasi maskulinitas yang lebih beragam dan realistis. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggambaran Keanu menandakan perubahan signifikan dalam penggambaran standar maskulinitas dan kecantikan dalam media periklanan. Penggambaran kontra-hegemoni ini mendorong penerimaan terhadap beragam identitas laki-laki, melepaskan diri dari stereotip gender yang kaku.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Khan, S., Ullah Khan, I., Sarwar, M., & Gul, S. (2021). Gender-Based Objectification In Commercial Advertisements: A Socio-Cultural Analysis. 18(6), 2021. http://www.webology.org
Lustyantie, N. (2012). Pendekatan Semiotika Model Roland Barthes dalam Karya Sastra Prancis. Seminar Nasional FIB UI, 1–15.
Rani Angga Riswari, C., & Sugeng Widiarto, D. (2022). Maskulinitas Dan Standar Kecantikan Pada Iklan Ms Glow for Men “Semua Juga Bisa.” Journal Of Gender Equality And Social Inclusion (Gesi), 1(1), 1–11.
Stocks, N. (2016). Gender-Based Objectification In Commercial Advertisements: A SocioCultural Analysis. 1–23. Family: Multimodal Discourse Analysis of Two Kecap Ads. ANPOR Annual Conference
Proceedings, 103.
Allen, G. (2003). Roland Barthes (2nd ed.). Taylor & Francis.
Lasri, Y., Sulih, I.D,. & Asfira, R. R,. (2022). Jurnal Representamen: 12 Warna Maskulinitas: Standar Baru Maskulinitas Dalam Iklan Kosmetik Nature Republic. (8)02.
Minati. (2017). Pengaruh Iklan, Promosi Penjualan Dan Personal Selling Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar. Skripsi, 3
Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2023, April). Semiotics In Research Method of Communication. 16(1), 74.
Mutiara, D. (2022, 04 26). Dekonstruksi Stereotipe Maskulin Iklan Produk Kosmeik Dalam Video Iklan MS Glow For Man #semuajugabisa. 10(1), 217.
Oktafiano, I. (2021) Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Penggambaran Karakteristik Maskulinitas Pada Produk “Extra Joss” Dalam Iklan Televisi. (18)1. Pantene Indonesia. (2022, 2 January). Miracles Hair Supplement Baru! Bye #RambutCapekHello#RambutKeCharged.[video].YouTube.https://youtu.be/JrOA
e3GV_js?si=p8TaIaZf91LFzeFM
Rinata, A. R., Dewi, S. I., & Lasari, Y. (2022, October). 12 Warna Maskulinitas: Standar Baru Maskulinitas Dalam Iklan Kosmetik Nature Republic. 8(2).
Wandi, G. (2015). Rekonstruksi Maskulinitas: Menguak Peran Laki-laki Dalam Perjuangan Kesetaraan gender. Kafa’ah : Jurnal Ilmiah Kajian Gender, 5(2).
Wibowo, A. A. (2023, Agustus). Representasi Kesetaraan Gender Axe Pocket Parfume Versi 'Dijemput Si Cantik. 15(1), 87. 10.33153/acy.v15i1.5102
Widiarto, S.D, & Riswari, C.R.A. (2022). Jural Of Gander Equality And Social Inclusion: Maskulinitas dan Standar Kecantikan Pada Iklan MS Glow For Man “ Semua Juga Bisa”. (1)1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.