Invigorate Your Senses: Exploring the Language Dynamics of Feminine Grace and Masculine Charisma in the Cinematic Narrative of Marjan’s Advertisement
Abstract
Iklan Marjan berhasil menghasilkan strategi pemasaran yang menarik, menggunakan seasonal marketing dan mengemasnya dengan cerita rakyat yang menarik. Penelitian ini berfokus pada penggunaan cerita rakyat dengan tokoh utama laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola tuturan yang digunakan oleh tokoh utama yang memiliki gender berbeda. Ada dua tujuan dari penelitian ini. Pertama, untuk mengetahui pendekatan iklan yang digunakan dalam iklan Marjan, dengan teori dari Thompson (2004), yaitu sifat sensorik dan persepsi konsumen. Kedua, untuk mengetahui penggunaan bahasa dengan karakteristik yang berbeda berdasarkan gender, dengan teori dari Haas (1997), yaitu tuturan langsung dan tuturan tidak langsung. Peneliti menemukan pola bahwa iklan Marjan dengan tokoh utama laki-laki cenderung menggunakan tuturan langsung, yaitu lugas dan eksplisit. Sementara itu, tokoh utama perempuan cenderung menggunakan tuturan tidak langsung yang biasanya bersifat kiasan atau tidak eksplisit. Penelitian ini memberikan kontribusi baik secara teoritis maupun praktis terhadap penelitian tentang iklan dan penggunaan bahasa berdasarkan gender.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Falaq, J. S., & Puspita, D. (2021). Critical Discourse Analysis: Revealing Masculinity Through L- Men Advertisement. Linguistics and Literature Journal, 2(1), 62-68.
Haas, A. (1979). Male and female spoken language differences: Stereotypes and evidence. Psychological Bulletin, 86(3), 616.
Konstantinovskaia, N. (2020). Creation of femininity in Japanese televised'beauty ads': traditional values, kawaii cuteness and a dash of feminism. Gender & Language, 14(3).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1.(diterjemahkan oleh Benyamin Molan). Jakarta: Indeks.
Krishnarao, B. (1961). The Descriptive Method in Social Research. Sociological Bulletin, 10(2), 46-52.
Magilvy, J. K., & Thomas, E. (2009). A first qualitative project: Qualitative descriptive design for novice researchers. Journal for Specialists in Pediatric nursing, 14(4), 298-300.
Malik, M., Ghafoor, M., Hafiz, K., Nisar, Q., Hunbal, H., Noman, M., & Ahmad, B. (2013). Impact of Brand Image and Advertisement on Consumer Buying Behavior. World Applied Sciences Journal. 23. 117-122.
Pruekchaikul, K. (2022). Genre and gender at work: the antithesis of man from pictorial analysis in Portuguese advertisements. Language and Semiotic Studies, 8(3), 1-21.
Rinaldi, P., Pasqualetti, P., Volterra, V., & Caselli, M. C. (2023). Gender differences in early stages of language development. Some evidence and possible explanations. Journal of Neuroscience Research, 101(5), 643-653.
Sardana, A., Talwar, P., & Gulati, S. (2018). Seasonal Marketing: Strategies Using the Calendar. International Journal of Engineering Technologies and Management Research, 5(2), 126–132.
Spradley, J. P. (1980). Participant Observation. Harcourt Brace Jovanovich
College Publishers.
Thompson, J. L., Drake, M. A., Lopetcharat, K., & Yates, M. D. (2004). Preference mapping of commercial chocolate milks. Journal of food science, 69(9), S406-S413.
Tung, P. J., & Chang, A. (2020). The Impact of Narrative Advertisement on Consumers’ Brand Experience: An Abstract. In Enlightened Marketing in Challenging Times: Proceedings of the 2019 AMS World Marketing Congress (WMC) 22 (pp. 467-468). Springer International Publishing.
Winarni, R. W. (2020, December). How Advertising Enforces Local Cultural Identity Through Fashion in Timun Mas TV Ads. In 4th International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2020) (pp. 622-627). Atlantis Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.