The Essential of Color: Discovering The Divergent Toward Color Implementation Inside Children’s Product Packaging Based on Gender

Muhammad Adib Hanafi, Aurellia Cintani Widoputri, Nur Rozakiatul Nisa, Rizka Rahma Yunia

Abstract

Gender dibagi menjadi kategori maskulin dan feminin. Ada kecenderungan warna antara maskulin dan feminin. Fenomena ini terutama terlihat jelas dalam iklan perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan. Penelitian ini membahas preferensi warna yang mempengaruhi produk anak- anak, terutama Kinder Joy, Johnson, My Baby, dan MamyPoko, berdasarkan jenis  kelamin.  Pertanyaan gender, seperti yang dikemukakan oleh Frassanito & Pettorini (2008) dalam Pink and Blue: The Color of Gender, yaitu warna merah muda untuk feminitas dan biru untuk maskulinitas. Menurut Mora (2021) dalam Shades in Gender: Visualizing gender diversity through Color Palettes, ungu untuk androgini, kuning untuk gender netral,  dan  putih  untuk  gender-less,  un-gender,  atau  a-gender. Temuan  dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa warna kemasan anak berdasarkan gender. Pada kemasan Kinder Joy, Johnson, dan MamyPoko, warna biru lebih ditujukan untuk anak laki- laki, sedangkan warna merah muda lebih ditujukan untuk anak perempuan. Pada kemasan bedak  My  Baby, warna  kuning untuk  jenis  kelamin  netral,  dan  warna  ungu  untuk  jenis kelamin androgini. Pada produk anak-anak, penggunaan warna berdasarkan stereotip gender memiliki dua tujuan. Yang pertama adalah untuk menarik target pasar yaitu anak laki-laki dan perempuan, di mana anak laki-laki cenderung memilih warna-warna bernuansa gelap, dan anak perempuan cenderung memilih warna-warna bernuansa terang. Kedua, target pasar harus diposisikan sesuai dengan produk yang mereka sukai.

 

Keywords

Gender; Penerapan Warna; Produk Anak-Anak

Full Text:

PDF

References

Clarke, V., & Braun, V. (2008). Gender. In D. Fox, I. Prilleltensky, & S. Austin (Eds.), Critical psychology: An introduction (2nd ed., pp. 232-249). London, England: SAGE Publications Ltd.

Dewi, I. G. A. A. O. (2022). Understanding Data Collection Methods in Qualitative Research: The Perspective Of Interpretive Accounting Research. Journal of Tourism Economics and Policy, 1(1), 23–34. https://doi.org/10.38142/jtep.v1i1.105

Fabiola Sumampouw, C., Chai, S., Akbar Manaf, P., & Akbar, P. (2020). Influence of Children-Product’s Packaging on Parents’ Buying Behavior. IJMHRM_11_01_001 International Journal of Marketing and Human Resource Management, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.34218/IJMHRM.11.1.2020.001

Fatimah, S., Sili, S., & Asanti, C. (2019). The Masculinity and Femininity Traits of Female Character in Roth’s Insurgent Novel. In Jurnal Ilmu Budaya (Vol. 3, Issue 4).

Frassanito, P., & Pettorini, B. (2008). Pink and blue: the color of gender. Child’s Nervous System, 24(8), 881–882. https://doi.org/10.1007/s00381-007-0559-3

Huo, L., Xu, J., He, J., & Lin, T. (2021). Maximizing the Influence of the Innovative Products Diffusion considering Advertisement and Promotion Strategies. Discrete Dynamics in Nature and Society, 2021, 1–14. https://doi.org/10.1155/2021/9293303

Ishii, K., Numazaki, M., & Tado’oka, Y. (2019). The Effect of Pink/Blue Clothing on Implicit and Explicit Gender‐Related Self‐Cognition and Attitudes Among Men. Japanese Psychological Research, 61(2), 123–132. https://doi.org/10.1111/jpr.12241

Jalali Naini, S. G., Shafia, M. A., & Nazari, N. (2012). Examining different factors in effectiveness of advertisement. Management Science Letters, 2(3), 811–818. https://doi.org/10.5267/j.msl.2011.12.010

Li, Y., Zhao, B. Q., & Lui, J. C. S. (2012). On Modeling Product Advertisement in Large-Scale Online Social Networks. IEEE/ACM Transactions on Networking, 20(5), 1412–1425. https://doi.org/10.1109/TNET.2011.2178078

Mandal, E. (2012). Masculinity and femininity as categories and constructs present in everyday life: an introduction.

Mora, A. R. (2021). Shades in gender: Visualizing gender diversity through color palettes. Communication Teacher, 35(1), 43–48. https://doi.org/10.1080/17404622.2020.1797134

Spradley, J. P. (2016). Participant observation. Waveland Press.

Vahid, H., & Esmae’li, S. (2012). The Power behind Images: Advertisement Discourse in Focus. International Journal of Linguistics, 4(4).https://doi.org/10.5296/ijl.v4i4.2658

Van Reijmersdal, E. A., Rozendaal, E., Smink, N., van Noort, G., & Buijzen,

M. (2017). Processes and effects of targeted online advertising among children. International Journal of Advertising, 36(3), 396–

https://doi.org/10.1080/02650487.2016.1196904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.