Makna Denotasi dan Konotasi pada Poster Film Spider-Man Across the Spider-Verse

Riska Endah Septiani, Tatan Tawami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna denotasi dan konotasi pada tanda visual dan tanda verbal yang terdapat dalam poster film Spider-Man: Across the Spider-Verse. Penelitian ini menggunakan  teori  semiotika  Roland  Barthes,  yang membedakan  tanda  menjadi  dua  tingkatan: denotasi dan konotasi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap poster dan dianalisis dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanda visual, seperti warna dan simbol pada poster film Spider-Man: Across the Spider-Verse, merepresentasikan tema cerita, identitas karakter, serta atmosfer futuristik yang menjadi ciri khas film. Penelitian ini menekankan bagaimana analisis visual  dengan pendekatan  semiotika  dapat  memberikan  wawasan  baru  dalam  memahami pesan- pesan tersembunyi yang disampaikan melalui media visual, yang pada akhirnya mempengaruhi persepsi penonton secara lebih luas.

 

Keywords

Semiotika; poster film; Roland Barthes

Full Text:

PDF

References

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches: Fourth edition. SAGE Publications, Inc.

Efendi, E., Mawaddah, H. D., & Umami, S. (2024). SE ROLAND BARTHES DALAM POSTER FILM THE SPACE BETWEEN. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya.

Effendi, F. P., & Akhadiyatni, A. M. (2023). Analisis Semiotika Pada Poster Animasi Disney “LUCA”. Jurnal Professional.

Fadliansyah, M. R., & Bustam, M. R. (2023). ANALISIS PENGGAMBARAN KEMATIAN DI DALAM COVER ALBUM AVENGED SEVENFOLD: KAJIAN SEMIOTIKA. Jurnal Mahadaya.

Holtzschue, L. (2011). Understanding Color: An Introduction for Designers - Fourth Edition. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Islamudin, M. S., Iskandar, T. R., Daha, M. A., Arshellino, M. P., Fauzi, R. A., & Anggraeni, N. D. (2024). Analisis Semiotika Pada Poster Film “Vina: Sebelum 7 Hari”. SENIMAN: Jurnal Publikasi Desain Komunikasi Visual.

Maghraby, T. M., Elhag, A. E., Romeh, R. M., Elhawary, D. M., & Hassabo, A. G. (2024). The Psychology of Color and Its Effect on Branding. Journal of Textiles, Coloration and Polymer Science.

Mega, R. U., & Tawami, T. (2022). Semiotic Analysis on Film Industry: Case Study Suspiria Movie Poster. International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT).

Nofia, V. S., & Bustam, M. R. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA SAMPUL BUKU FIVE LITTLE PIGS KARYA AGATHA CHRISTIE. Jurnal Mahadaya.

Nugraha, A. A., Johari, A., & Pratama, G. (2022). Analisis Poster Film Turning Red dalam Teori Semiotika Roland Barthes. FINDER: JOURNAL OF VISUAL COMMUNICATION DESIGN.

Shalekhah, A. N., & Martadi. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA POSTER FILM PARASITE VERSI NEGARA INGGRIS. Jurnal Barik.

Sulistyaningrum, D. U., & Sabri. (2024). Nilai Dan Unsur Kebudayaan Pada Poster Film Coco (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Poster Film Coco). Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha.

The Psychology of Color and Graphic Design. (2021, July 9). Retrieved from https://international.binus.ac.id/graphic-design/2021/07/09/the-psychology-of-color-and- graphic-design/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.