Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Teks Biografi Kelas X

Alya Maulidia Zahra, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kendala dalam pembelajaran, yaitu guru belum mengaplikasikan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka di MAN 11Jakarta.  Selain  itu,  penelitian  yang  membahas  mengenai pembelajaran  berdiferensiasi  masih terbatas,  terutama  pada  jenjang  sekolah menengah  atas,  karena  lebih  banyak  diterapkan  pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 11 Jakarta dengan sampel berjumlah 56 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelas X-B sebagai kelas eksperimen, 30 peserta didik  dan  kelas  X-G  sebagai  kelas  control  26  peserta  didik.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada materi teks biografi kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (True Eksperimental Design) dengan posttest only  control  design.  Hasil  penelitian  yang  telah  dilakukan  menunjukkan  bahwa  sangat  tepat mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi pada materi teks biografi kelas X serta terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan hasil belajar kelas kontrol. Pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 83,27 sementara untuk kelas kontrol memperoleh rata-rata 63,69. Artinya rata-rata hasil belajar kelas eksprimen dengan implementasi  pembelajaran  berdiferensiasi  pada  materi  teks  biografi  lebih  baik  dibandingkan dengan rata-rata hasil peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional.

Keywords

strategi pembelajaran; berdierensiasi; teks biografi

Full Text:

PDF

References

Alhafiz, Nurzaki. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran

Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. 1(8),

Aziz, Adek Cerah Kurnia. Siti Khodijah Lubis. (2019). Asesmen Diagnostik Sebagai Penilaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 1(2), 20-29.

“Merangkai Wawasan dalam Terjemahan, Pragmatik, dan Korpus di Era Kecerdasan Buatan” https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks

Fitra, Devi Kurnia. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Tata Surya Di Kelas VII SMP. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 5(2), 278-290.

Hardani., Nur, H. A., Helmina, A., Roushandy, A. F., Jumari, U., Evi, F. U., Dika, J. S., & Ria, R. I. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Jogjakarta: Pustaka Imu Group.

Jatmiko, H. T. P., & Rian. S. P. (2022). Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa dan Pengajarannya. 6(2), 224-232.

Kemendikbud. (2020). Lampiran Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 179

Tahun 2020. Jakarta: Kemendikbud.

Salma, V. M., Nugroho, S. E., & Akhlis, I. (2016). Pengembangan E-Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Fluida Statis. Unnes Physics Education Journal, 5(1), 18–25.

Sinambela, Lijan P., & Sarton Sinambela. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif; Teoritik dan Praktik. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sutaga, I. W. (2022). Tingkatkan Kompetensi Guru Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi.

Jurnal Inovasi. 8(9), 58–65.

Tanesib, Y. G., K. A. Astiti., & A. S. Hali. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Tipe Connected Pada Materi Pencemaran Lingkungan Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 12(3), 122-128.

Wahyuni, Ayu Sri. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi dalam

Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA. 12(2), 119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.