PELANGGARAN MAKSIM KERJASAMA DALAM PROSA LIRIK “CALON ARANG: KISAH PEREMPUAN KORBAN PATRIARKI”

Ni Luh Putu Setiarini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap jenis-jenis pelanggaran maksim kerjasama, mengidentifikasi dampak yang ditimbulkan dan tujuan yang ingin dicapai, serta mendeskripsikan pesan yang dikandung pada pelanggaran maksim kerjasama. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif karena data yang digunakan berupa ujaran, kata, frasa, klausa atau kalimat yang memiliki arti dan mampu memacu timbulnya pemahaman yang lebih nyata daripada sekadar sajian angka atau frekuensi. Sumber data pada penelitian ini diambil dari prosa lirik yang berjudul “Calon Arang: Kisah Perempuan Korban Patriarki” karya Toeti Heraty. Data penelitian ini berupa ungkapan pelanggaran maksin kerjasama. Pelanggaran terhadap maksim kuantitas, kualitas, dan relevansi berdampak pada prinsip kejelasan, efek vulgar, pencitraan yang berlebihan, maksim kesopanan, dan maksim penghormatan.

Kata Kunci: maksim, pelanggaran maksim, prosa lirik.

Full Text:

PDF

References

Heraty, Toeti. 2012. Calon Arang: Kisah Perempuan Korban Patriarki. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Moleong, L. J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Karya.

Santosa, Riyadi. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Kebahasaan. (Draf Buku). Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Wijana, I Dewa Putu & Rohmadi, Muhammad. 2011. Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori & Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Yule, George. 1996. Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.