POTRET PENGGUNAAN BAHASA REMAJA DALAM PERSPEKTIF KALANGAN MAHASISWA

Tri Indrayanti

Abstract

Bahasa sebagai alat komunikasi bersifat efektif, mutlak dan diperlukan setiap bangsa. Dalam perkembangannya bahasa telah dipengaruhi oleh berbagai hal. Media sosial memiliki peranan penting di dalamnya. Bahasa remaja adalah salah satu bentuk bahasa yang telah dipengaruhi oleh perkembangan tersebut. Mahasiswa merupakan salah satu subjek yang menggunakan variasi bahasa. Penggunaan bahasa remaja bertujuan agar apa yang disampaikan singkat, jelas dan agar sedikit keren, namun tanpa mahasiswa sadari isi pesan tersebut telah yang jauh dari kaedah bahasa. Bahasa meliputi ungkapan, pengucapan kata, dan konstruksi yang telah dipakai dalam jangka waktu yang lama. Ungkapan, pilihan kata, dan konstruksi itu dipilih oleh penutur dari generasi yang berbeda dengan frekuensi yang berbeda pula. Bahkan, ada bagian bahasa, lebih-lebih pada tataran leksikal dan sintaksis, yang dirasakan berbeda oleh para penutur yang “modern” dengan yang “kuno”. Ungkapan kuno tidak disediakan untuk penutur yang “berpandangan modern” atau “bahasa generasi tua” disediakan untuk penutur muda

Kata kunci : Penggunaan bahasa, bahasa remaja, mahasiswa.

Full Text:

PDF

References

Anwar, Khaidir. 1990. Fungsi dan Peranan Bahasa:sebagai pengantar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Harimansyah, Ganjar. 2015. Pilihan Bahasa Remaja dalam Perspektif Umur dan LintasGenerasi.(http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/1251 (diunduh 20 Oktober 2015).

Keraf, Gorys. 1997. Komposisi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Robins, R.H. 1992. Linguistik Umum: sebuah pengantar. Yogyakarta: Kanisius.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Verhar, J.W.M. 2001. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Yule, George. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.